Cara Memaksimalkan Suara Lovebird Agar Lebih Keras dan Lantang

Advertisement
Advertisement
Lovebird adalah burung dengan keistimewaan kicau yang baik, Ia mampu berkicau dengan baik dan mengeluarkan suara yang khas (baca: suara lovebird). Maka dengan keistimewaan tersebut maka tidak heran banyak orang yang memelihara burung ini, bahkan tidak sedikit pula yang mendaftarakan burung kesayangannya pada event lomba atau kejuaraan.

Bahkan untuk mendapatkan predikat jawara, para pemilik burung ini tidak segan-segan untuk memberikan pola pelatihan pada burung, tujuannya agar burung mereka memiliki suara yang bagus dan indah. Akan tetapi suara indah saja tidak cukup, pasalnya dengan kondisi lomba yang ramai burung haruslah memiliki suara yang lantang agar terdengar oleh juri.

lovebird suara keras, lovebird lantang, lovebird suara lantang

Berbicara mengenai suara lantang, burung yang memiliki suara lantang akan lebih mudah dinilai dan pastinya mendapat nilai lebih dari juri. Namun tidak semua burung memiliki suara yang lantang, untuk itu sang pemilik harulah melakukan pelatihan extra pada burung kesanyangannya.

Cara Membuat Lovebird Bersuara Lantang
Lovebird yang memiliki suara lantang sangat difavoritkan untuk juara jika suaranya juga bagus, pasalnya burung yang memiliki suara lantang akan dengan mudah dinilai oleh juri. Namun untuk medapatkan burung dengan kualitas seperti ini Anda harus melatihnya dengan pola perwatan dan pelatihan yang tepat, adapun pola perawatan dan pelatihan tersebut adalah sebagai berikut:

1. Berikan burung istirahat yang cukup
Saat malam hari berikanlah burung Anda istirahat yang cukup dan ideal, tujuannya selain agar burung memiliki setamina yang prima, istirahat yang cukup juga akan berdampak baik untuk pita suara burung. Karena pita suara mereka membutuhkan waktu recovery yang cukup setelah latihan pemasteran yang padat, jadi dengan istirahat yang cukup maka pita suara burung akan lebih mampu mengeluarkan suara yang lebih lantang (baca: tips agar lovebird tetap sehat dan prima). Berikan pula suplemen tambahan dan multivitamin, semisal OrBird yang bagus dalam menjadikan burung tetap fit dan sehat.

2. Pola perawatan
Lakukanlah pengembunan setiap pagi, tujuannya adalah agar burung memiliki rangsangan untuk mengeluarkan suara yang maksimal. Dengan proses pengembunan ini burung juga akan lebih sering berkicau dengan lantang, selain itu jika Anda memiliki burung lebih dari satu maka Anda bisa memisahkan antara burung yang satu dengan lainnya dengan jarak yang lumayan jauh. Karena burung yang sedang dalam proses pengembunan akan sering berkicau dan memanggil temannya, dengan jarak yang lumayan jauh akan memaksa burung untuk berkicau dengan keras (baca: cara merawat lovebird yang tepat).

3. Pemasteran
Lakukalah pemasteran dengan power atau volume sedikit lebih lantang, tujuannya agar lovebird ikut bersuara lantang dan mengikuti masteran tersebut. Akan tetapi Anda jangan menyetel masteran tersebut dengan volume yang terlalu keras, tujuannya untuk menghindari stres yang mungkin bisa terjadi pada burung Anda (baca: cara memaster lovebird).

Anda bisa menerapkan pola pelatihan dan perawatan di atas untuk mendapatkan burung dengan suara yang lantang, akan tetapi cara membuat lovebird bersuara lantang di atas harus diimbangi dengan kualitas pakan dan pola perawatan kebersihan yang baik. Tujuannya agar burung tetap sehat dan bugar, Anda tidak ingin bukan memiliki burung bersuara lantang tapi sakit-sakitan?