Cara Meloloh Anakan Murai Batu Umur 15-39 Hari yang Benar

Advertisement
Advertisement
Anakan Murai Batu (MB) umumnya sama dengan anakan burung kicau pada umumnya, Ia tidak bisa melakukan proses makan dan mandi sendiri. Sedangkan pada masa umur tertentu, seekor anakan burung akan mengalami proses kritis.

Masa itu dimulai saat Ia berumur 1-7 hari, jadi pada masa itu Anda tidak bisa melakukan panen. Akan tetapi Anda harus merawat anakan tersebut dengan hati-hati dan cermat. Jika salah sedikit saja dalam melakukan perawatan, anakan akan mengalami kematian atau bisa cacat.

anakan murai batu, anakan murai

Sedangkan untuk usia 8-14 hari, burung bisa Anda panen dan diberi makan Voer. Lalu bagaimana dengan usia 15-39 hari? Untuk perawatan dan cara melolohkan anakan usia 15-39 hari. Berikut adalah caranya.

Cara Melolohkan Anakan Murai Usia 15-39 Hari
Jika Anda ingin melolohkan anakan Murai Batu umur 15-39 hari Anda bisa melakukannya dengan cara-cara berikut:

1. Anda harus memberikan Makanan utama untuk anakan Murai Batu usia 15-39 dengan pakan Voer dan kroto.
2. Jika pada usia 8-14 hari perbandingan Voer dan kroto adalah 30% : 70 %, maka untuk usia 15 hari Anda bisa memberikan perbandingan Voer dan kroto degan perbandingan 50% : 50%.
3. Agar mudah dikonsumsi anakan Murai, Anda harus menghaluskan Voer dengan sampai halus. Setelah itu diseduh air hangat dan dicampur dengan kroto.
4. Untuk waktu pelolohan, Anda bisa melakukannya aoda rentang waktu antara jam 6 pagi sampai jam 6 sore.
5. Saat usia 20 hari anakan burunng sudah makan sendiri. Selainn itu anakan juga bisa makan Voer kering.
6. Saat usia 25 hari, anakan sudah bisa diberikan EF lain seperti jangkrik, ulat kandang, dan sebagainya.
7. Saat Anda melolohkan jangkrik pada anakan Murai Batu usia 15-39 hari, sebaiknya jangan gunakan lidi. karena jika Anda menggunakan lidi saat memberi makan anakan, maka akan membuat anakan tersebut menjadi manja.
8. Saat anakan sudah berumur 30 hari, maka anakan tersebut bisa melakukan mandi sendiri. Selain itu, Anda juga harus memisahkan anakan tersebut pada kandang khusus untuk menjaga karakter fhigther yang Ia miliki.

Cara melolohkan anakan Murai Batu umur 15-39 hari yang benar bisa Anda lakukan dengan cara-cara di atas. Selain cara-cara tersebut, Anda juga harus memperhatikan kebersihan sangkar dan kandang anakan ini. Pasalnya, jika kandang atau sangkar kotor, maka bisa jadi penyakit atau bakteri mudah hinggap pada anakan tersebut.