Cara Ampuh Mengobati Suara Serak pada Murai Batu

Advertisement
Advertisement
Murai Batu adalah salah satu jenis burung yang dapat berkicau dengan indah, Ia memiliki pola kicau yang asik dan enak untuk didengar (download: suara murai batu). Layaknya seorang penyanyi, Ia pun harus dijaga pita suaranya. Karena tidak selamanya Murai memiliki suara yang enak.

Pasalnya, terkadang karena beberapa sebab seekor Murai akan memiliki suara yang serak, bahkan bisa sampai hilang. Oleh karena itu, peran seorang breeder atau pemiliki dibutuhkan, karena dengan perawatan yang tepat dari mereka, seekor Murai akan kembali memiliki suara yang cantik dan pastinya indah.

murai batu suaranya serak, suara murai serak, murai serak, murai batu serak

Berbicara mengenai Murai yang serak. Tahukah Anda, bahwa seekor Murai yang sedang serak saat dijual akan mengalami penurunan harga? Nah, untuk itu sebagai seorang breeder, Anda haruslah menjaga keindahan suara Murai Anda. Lalu, adakah cara ampuh  mengobati suara serak pada Murai Batu?

Pengobatan untuk Murai Batu yang Sedang Serak
Umumnya seekor Murai akan mengalami suara yang serak saat Ia mendapatkan pola perawatan, pemilihan lokasi sangkar, dan mendapatkan pakan yang salah. Hal-hal tersebut melingkupi:

1. Pemberian pakan jangkrik yang masih memiliki kepala dan kaki.
2. Penempatan sangkar yang di dekat lubang ventilasi.
3. Atau saat malam hari, sangkar Murai tidak diberi kredong.

Hal-hal di atas umumnya terjadi karena kelalaian pemilik, sedangkan tidak jarang Murai juga serak karena Ia terlalu sering berkicau, tanpa diberikan asupan air yang cukup.

Adapun cara mengatasi Murai Batu yang serak adalah sebagai berikut:

1. Hentikan pola penjemuran di atas jam 10 pagi. Pasalnya, sinar matahari di atas jam tersebut sangatlah tidak baik untuk Murai. Terik matahari di jam tersebut sangatlah panas, sedangkan jika dipaksakan tenggorokan Murai akan kering dan berpotensi menimbulakan serak.
2. Kurangi atau bahkan hentikan dulu pola pelatihan suara untuk Murai, hal ini berguna untuk mempercepat penyembuhan.
3. Hentikan pemberian pakan yang bertekstur keras, termasuk Voer. Untuk itu Anda bisa menggantinya dengan pakan yang bertekstur lembut seperti kroto untuk sementara waktu, saat dalam proses penyembuhan.
4. Untuk mempercepat penyembuhan, Anda bisa memberinya air yang bermineral tinggi dan beberapa tetes madu. Untuk madu, Anda bisa mengoleskannya pada kroto yang akan dikonsumsi oleh Murai, atau Anda bisa melolohkannya langsung pada Murai yang serak.
5. Cara mengatasi serak pada Murai Batu berikutnya adalah dengan memberikan cacing pada Murai, tapi untuk Murai yang bersedia saja. Pasalnya, cacing sangatlah ampuh untuk mengatasi masalah suara Murai yang sedang serak.
6. Saat Murai serak, sebaiknya hentikan pemberian ulat Hongkong. Selain ulat Hongkong, sebaiknya Anda juga harus memperhatikan pemberian jangkrik pada Murai Batu Anda. Pasalnya, jangkrik yang masih memiliki kaki dan kepala akan merusak tenggorokan Murai dan menyebabkan timbulanya suara yang serak.
7. Saat kondisi Murai membaik, Anda bisa memberikan perawatan yang sama seperti saat Murai sehat. Selain itu, Anda juga bisa memberikan menu makanan yang baru pada Murai, menu makanan  tersebut adalah buah-buahan. Pasalnya, buah akan membantu Murai untuk mengurangi resiko timbulnya suara yang serak.
8. Beri multivitamin terbaik, yaitu OrBird.

Perawatan untuk Murai Batu yang serak bisa Anda lakukan sesuai dengan pola perawatan di atas. Akan tetapi, di samping perawatan Anda juga harus melakukan tindakan pencegahan. Hal sederhana untuk mencegah Murai bersuara serak adalah dengan membiasakan Ia mengkonsumsi buah dan cacing. Selain itu, Anda juga harus membiasakan Murai untuk senantiasa mengkonsumsi air mineral yang banyak.