Cara Agar Induk Betina Murai Batu Cepat Birahi

Advertisement
Advertisement
Beternak Murai Batu, siapa yang tidak mau melakukannya? Aktifitas ini memang terkadang dianggap remeh, terutama orang yang belum tahu keuntungan dari budidaya Murai Batu. Akan tetapi, bagi mereka yang sudah tahu pasti berniat untuk melakukan budidaya ini (baca: ternak murai batu). Mereka tahu berapa keuntungan yang akan mereka dapat, dan segala keuntungan lainnya yang akan mereka dapatkan jika melakukan budidaya ini.

Berbicara mengenai budidaya Murai Batu, tentu kita tidak akan lepas dengan istilah indukan dan pastinya birahi bukan? Kedua hal ini sangat memegang peran penting dalam melakukan budidaya Murai. Pasalnya, jika kita tidak memiliki indukan, maka kita tidak akan bisa membudidayakan Murai batu.

murai batu birahi

Begitu pun dengan birahi Murai, jika indukan Murai Batu terutama yang betina tidak memiliki birahi yang cukup, maka jangan harap proses perkembangbiakan akan berjalan lancar. Lalu, bagaimana cara agar induk betina Murai Batu cepat birahi?

Cara-Cara Agar Induk Betina Murai Batu Cepat Birahi
Dalam membuat indukan Murai cepat birahi, Anda harus melakukan beberapa cara. Cara-cara tersebut akan membantu Anda menaikan birahi indukan Murai yang Anda pelihara. Sedangkan cara-cara tersebut adalah sebagai berikut:

1. Hari Pertama
Pada hari pertama setelah indukan dikawinkan, Anda bisa mengubah pola pemberian pakan pada Murai, baik pakan utama atau pun extra food (EF). Sedangkan untuk EF sendiri, sebaiknya kuantitasnya Anda tambah. Kita ambil contoh. Jika biasanya Anda memberikan 8 ekor jangkrik per hari, maka dalam proses ini Anda bisa menambah jangkrik sampai 9-12 ekor per hari.

2. Hari kedua
Nah cara untuk mempercepat birahi indukan Murai Batu betina bisa dilanjutkan pada hari kedua. Setelah hari kedua, Anda jangan sekali-kali mengurangi porsi pakan pejantan. Akan tetapi, Anda harus mengurangi porsi pakan sang betina. Dengan cara ini betina akan memiliki birahi yang lebih setabil. Kita ambil contoh. Jika pada hari pertama Anda memberikan 10-12 ekor jangkrik, maka untuk proses ini Anda hanya cukup memberikan 6 ekor jangkrik saja pada Murai batina.

3. Hari ketiga
Untuk proses ini, Anda bisa mulai menambah porsi EF pada Murai jantan, tapi untuk Murai betina sebaiknya tidak usah. Dengan cara ini indukan betina akan mencoba meminta EF pada sang jantan. Dengan keadaan yang lapar Murai betina akan meminta langsung pada sang jantan, sedangkan sang jantan akan memberikan EF tersebut pada sang betina. Proses ini umumnya dilakukan selama 3 hari, tapi tergantung dari kondisi Murai itu sendiri.

Cara agar indukan Murai batu betina cepat birahi bisa dilakukan sesuai dengan cara-cara di atas. Tapi ingat, dalam melakukan cara-cara di atas, Anda juga harus melihat kondisi dari Murai betina itu sendiri. Pasalnya, jika kondisi kesehatan indukan betina tidak memungkinkan, sebaiknya hentikan dulu proses tersebut, dan tunggu sampai kondisi Murai tersebut membaik. Dengan memberikan OrBird juga sangat bagus dalam meningkatkan birahi murai batu, namun tentu harus mengeluarkan sedikit biaya.