Alasan Murai Batu Tidak Mau Makan Jangkrik

Advertisement
Advertisement
Jangkrik adalah salah satu pakan alami Murai Batu. Pakan ini memang sering dikonsumsi burung ini, baik saat ia masih di hutan atau pun saat ia sudah berada dalam kandang atau sangkar. Mungkin Anda akan bertanya, kenapa seorang breeder sering memberikan pakan jangkrik pada seekor Murai? Perlu Anda ingat, jangkrik adalah salah satu jenis serangga yang memiliki kandungan protein yang sangat banyak, dan kandungan tersebut sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan dan kualitas Murai itu sendiri.

Akan tetapi, terkandang Murai Batu enggan untuk mengkonsumsi jangkrik, walaupun hanya satu ekor. Hal ini memang terkadang terjadi pada Murai yang mengalami kondisi tertentu.

murai batu tidak makan jangkrik

Berbicara mengenai Murai yang enggan makan jangkrik. Sebenarnya kondisi ini sangatlah sering terjadi, terutama pada Murai yang mengalami suatau penyakit tertentu. Lalu, selain sakit apa alasan Murai Batu tidak mau makan jangkrik?

Mengenal Alasan Murai Batu Tidak Mau Makan Jangkrik
Perlu Anda ketahui, bahwasanya tidak selamanya seekor Murai mau makan jangkrik. Pasalnya, akan tiba masanya dimana seekor Murai akan ‘mogok’ makan, terutama pakan tambahan baik jangkrik atau pun yang lainnya. Akan tetapi, hal ini tidaklah berlangsung lama.

Umumnya hal ini terjadi karena Murai mengalami kondisi tertentu saja, nah adapun kondisi-kondisi tersebut adalah sebagai berikut:

1. Sedang mengalami stres dengan kadar yang cukup tinggi
Umumnya, semua binatang atau manusia sekali pun, jika stres ia akan enggan untuk makan. Begitu pun dengan Murai, ia juga akan enggan untuk memakan jangkrik jika dalam kondisi seperti ini.

2. Murai Batu sedang dalam kondisi sakit
Alasan mengapa Murai Batu tidak mau makan jangkrik berikutnya adalah karena ia sedang sakit. Anda mungkin sudah tahu, bahwa dalam kondisi sakit seekor Murai bisa saja kehilangan nafsu makannya. Maka dari itu, dalam kondisi ini terkadang seekor Murai enggan untuk memakan jangkrik, bahkan voer pun akan enggan ia makan jika memang benar-benar kehilangan nafsu makan.

3. Murai Batu merasa trauna akan jangkrik
Mungkin Anda akan bertanya, kenapa hal ini bisa terjadi? Tapi, perlu Anda cermati bahwasanya saat seekor Murai yang menyantap jangkrik yang masih memiliki kaki, besar kemungkinan ia akan mengalami gangguan tenggorokan. Karena, kaki jangkrik tersebut akan nyangkut dan melukai tenggorokan Murai tersebut. Dan alhasi, Murai itu pun akan trauma dan enggan untuk mengkonsumsi jangkrik.

Artikel mengenai alasan-alasan Murai batu tidak mau makan jangkrik di atas bisa Anda jadikan sebagai referensi. Dengan materi tersebut, diharapkan Anda dapat memecahkan masalah mengapa Murai Anda enggan untuk makan jangkrik. Dan dengan mengetahui alasan tersebut, diharapkan Anda dapat melakukan tindakan penanganan atau pencegahan sedini mungkin.