Tips Perawatan Lovebird yang Over Birahi

Advertisement
Advertisement
Over birahi pada lovebird memang sering muncul pada burung yang sudah dewasa dan matang, hal itu wajar saja namun jika burung tersebut adalah burung yang sedang ikut lomba maka hal tersebut akan merugikan sang pemilik.

Pasalnya over birahi pada burung akan menyebabkan burung tersebut tidak konsentrasi untuk ngekek, Ia akan terbang kesan-kemari dalam sangkarnya dan itu yang yang membuat penilaian buruk untuk sang burung.

lovebird over birahi, lovebird birahi

Burung yang over birahi bisa kita kenali, ya Anda bisa melihat kelakukan sang burung yang sedang OB. Biasanya burung yang sedang OB akan memberikan tanda sebagai berikut:

1. Burung akan lebih pendiam dan jarang berbunyi
2. Lebih agresif terhadap pasangannya
3. Sering mengawini tangkringannya sendiri
4. Sering mencabuti bulu-bulunya sendiri
5. Sering mengacak-ngacak sarangnya sendiri

Tanda di atas bisa Anda kenali sebagai tanda bahwa burung tersebut sedang OB, jika keadaan seperti ini tetap dibiarkan dan dipaksakan untuk ikut kontes maka sangat mungkin burung tersebut akan kalah. Lalu bagaimana cara untuk mengatasi itu semua?

Cara Mengatasi Lovebird yang Sedang Over Birahi 
Sebenarnya OB bisa kita atasi dengan cara-cara yang mudah dan gampang, adapun cara mengatasi lovebird yang sedang over birahi adalah sebagai berikut:

1. Hindari makanan yang dapat merangsang birahi 
Ada beberapa makanan yang dapat merangsang biarahi untuk burung, makanan tersebut adalah jagung muda, kangkung, dan biji bunga matahari. Makanan-makanan ini sangat dianjurkan untuk dihindari jika burung Anda sedang OB, tujuannya agar burung Anda tidak terlalu parah mengalami OB. Namun jika birahinya sudah normal dan setabil Anda boleh memberikan makanan-makanan tersebut pada burung Anda, tapi Anda juga harus mengatur frekuensi makanan tersebut agar tidak memancing timbulnya OB susulan. Beri vitamin yang tepat yang fungsinya untuk mengontrol birahi burung, salah satunya yaitu OrBird.

2. Perbanyak mandi basah 
Jika biasanya burung Anda dimandikan setidaknya 2 kali sehari, maka untuk mengatasi over birahi lovebird haruslah dengan cara memperbanyak mandi. Selain pagi dan sore Anda bisa memandikan burung ini pada malam hari, hal ini untuk mengurangi dan menurunkan birahi sang burung. Akan tetapi Anda perlu hati-hati, pasalnya tidak semua burung siap dimandikan pada malam hari. Mungkin saja ada beberapa burung Anda yang bisa sakit saat mandi malam, jadi untuk urusan ini sebaiknya Anda bijak dalam memilih burung mana yang siap dimandikan malam hari dan mana yang tidak siap.

3. Kurangi proses penjemuran 
Jika frekuensi mandi ditambah maka Anda harus mengurangi sedikitnya 15 menit waktu penjemuran. Hal ini dimaksudkan untuk menurunkan birahi sang burung, karena panas matahari membuat lovebird jadi over birahi. Anda diharuskan untuk tetap rutin menjemur burung ini, namun untuk waktu pelaksaanya sedikit dikurangi saja.

Burung yang dewasa memang wajar jika mengalami over birahi, hanya saja hal itu akan bermasalah untuk burung yang akan diikutkan kontes. Selain karena terlihat tidak baik, burung yang sedang OB juga akan mendapatkan nilai yang jelek dari juri. Jadi sebelum mengikutkan burung Anda ke kontes dan lomba, lebih baik Anda cek burung Anda terlebih dahulu. Apakah burung tersebut sedang OB atau tidak? Untuk mengetahuinya silahkan cermati tanda-tanda over birahi lovebird, apakah burung Anda memiliki tanda tersebut atau tidak?