Tips Memilih Burung Cipoh Bakalan yang Bagus

Advertisement
Advertisement
Burung Cipoh banyak ditemukan di Asia Tenggara terutama di Malaysia dan Indonesia. Selain itu, negara lain seperti Thailand, Filipina dan Vietnam juga memiliki jenis lain dari burung ini. Di alam liar tidak sulit menemukan burung ini sehingga harganya pun relatif murah apabila kita membeli di peternak.

Jika ingin mendapatkan burung yang baik dan memiliki kualitas suara yang oke, maka kita juga harus teliti dan jeli dalam memilih Cipoh Bakalan.

cipoh bakalan

Cipoh jantan biasanya memiliki variasi suara yang lebih banyak dibandingkan dengan burung betina (simak: suara cipoh). Begitu juga ketegasan dan penyaringan suaranya burung jantan masih unggul di atas burung betina.

Agar tidak salah memilih burung saat membeli di peternak, berikut adalah panduan atau tips yang bisa anda jadikan sebagai referensi saat membeli.

1. Ciri-ciri fisik
Pertama, perhatikan tubuh burung tersebut. Pastikan bahwa tubuhnya tidak memiliki cacat apapun dan terlihat sehat. Biasanya burung yang sehat ditandai dengan aktif atau tidaknya burung tersebut.
Kemudian perhatikan juga warna bulu dan kebersihan bulunya. Burung bakalan atau burung yang masih anakan apabila memiliki bulu yang bersih biasanya akan menjadi burung yang bagus di kemudian hari.

Untuk burung jantan, perhatikan juga pada bagian ekor. Ciri-ciri burung jantan yang baik, memiliki ekor yang lebih rapat dan tidak menyebar seperti kipas. Selain itu, warnanya juga lebih tegas.
Pastikan anda memilih burung yang masih muda agar bisa dilatih untuk bersuara atau berkicau (gacor). Karena burung yang sudah agak tua biasanya lebih sulit dijinakkan dan lebih sulit di latihan. Agar tidak kecele, anda bisa melihat pada bagian rongga mulut burung tersebut. Apabila warnanya hitam dan memiliki bintik-bintik berwarna merah, maka bisa dipastikan bahwa burung tersebut sudah menginjak masa dewasa.

2. Membedakan jenis kelamin
Setelah anda melihat ciri-ciri fisik burung yang anda inginkan, selanjutnya anda juga harus memiliki pengetahuan seputar cara membedakan antara Burung Cipoh jantan dan betina.

Burung jantan biasanya memiliki bulu yang lebih halus dan tegas dibandingkan dengan burung betina. Selain itu, apabila anda melihat dengan lebih teliti, anda akan menemukan perbedaan-perbedaan antara burung jantan dan betina dengan memperhatikan sikapnya saat bertengger. Burung jantan biasanya berdiri lebih tegak dibandingkan dengan burung betina.

Dengan pengetahuan seputar cara membedakan jenis kelamin burung akan memberikan kita banyak keuntungan. Terlebih jika burung anakan (bakalan) tersebut akan dikembang biakkan. Maka kita harus tahu dan bisa membedakan mana yang jantan dan mana yang betina.