Tips Agar Lovebird Tetap Sehat dan Tampil Prima

Advertisement
Advertisement
Lovebird adalah salah satu hewan peliharaan yang belakangan mulai digandrungi, Ia memiliki corak dan warna bulu yang indah serta memiliki suara yang indah juga. Banyak breeder yang melakukan budidaya burung ini, tujuan mereka melakukan ini adalah untuk mendapatkan keuntungan.

Keuntungan tersebut entah dari penjualan burung, menang kontes, atau keuntungan yang lainnya. Namun sebagai seorang breeder tentu harus dituntut untuk memberikan perawatan yang tepat pada hewan-hewannya. Tujuannya agar hewan tersebut memiliki kesehatan yang baik, selain itu agar tampilan hewan tersebut selalu prima dan sehat.

lovebird sehat

Cara Merawar Lovebird Agar Tampil Prima 
Untuk memilihara atau budidaya lovebird haruslah memperhatikan kualitas perawatan, kualitas perawatan yang baik akan membuat hewan peliharaan yang baik pula. Untuk seekor burung sendiri haruslah mendapat sebuah perawatan khusus, tujuanya agar burung tersebut memiliki stamina dan kesehatan yang baik.

Adapun perawatan-perawatan tersebut adalah:

1. Pola makan 
Sebagai seorang pemelihara atau breeder kita harus memperhatikan pola makan hewan peliharaan kita. Selain untuk kesehatan, pola makan juga akan membantu menaikan kualitas burung. Untuk menaikan kualitas burung agar semakin bagus sebaiknya Anda gunakan makanan tambahan sebagai berikut:

a. Kangkung
b. Jagung muda
c. Kwaci
d. Dan beberapa extra food lainnya.

2. Pola perawatan kebersihan 
Untuk menjaga kesehatan burung sebaiknya Anda tetap menjaga kebersihan burung Anda, dengan menjaga kebersihan burung Anda akan mendapati burung tersebut akan tetap sehat, terhindar dari penyakit, dan tampil lebih prima. Untuk pola kebersihan yang baik Anda bisa lakukan cara seperti berikut:

a. Senantiasa memandikan burung 2 kali dalam sehari, lakukan sampai burung tersebut benar-benar basah kuyup. Anda bisa menyemprotkan air ke tubuh burung, jika sudah silahkan lanjutkan dengan proses penjemuran burung.
b. Pembersihan kandang burung juga penting, Anda bisa membersihkan kandang burung dengan cara membersihkan setiap feces yang ada di kandang tersebut. Cara ini dilakukan untuk segala bentuk penyakit yang bisa saja menyerang burung Anda.

3. Pemberian suplemen burung 
Untuk menjaga kualitas dan kesehatan burung, Anda juga memberikan burung tersebut obat atau suplemen OrBird. Suplemen ini akan membantu menambah daya tahan burung terhadap segala penyakit, selain itu suplemen ini juga akan membantu pemulihan kondisi burung apabila Ia sedang mengalami sakit.

Ulasan diatas adalah cara merawat lovebird agar tetap tampil prima, jika Anda memiliki burung cinta maka cobalah lakukan tips dan cara-cara di atas. Selain melakukan cara-cara di atas Anda juga melakukan pola latihan, tujuannya agar burung cinta ini memiliki skill kicau yang baik dan berkualitas.