Tanda-Tanda Umum Lovebird Sedang Sakit

Advertisement
Advertisement
Mengetahui permasalahan kesehatan lovebird memang hal wajib bagi setiap pemelihara, dengan cara ini kita akan lebih tenang dalam merawat burung yang satu ini. Selain kita lakukan perawatan dengan sebaik-baiknya, kita juga harus paham dan mengerti keadaan burung yang kita pelihara.

Penangkar harus peka dan tahu ciri-ciri lovebird sakit ataupun dalam kondisi yang tidak wajar, tujuannya agar kita tahu tindakan apa yang akan kita lakukan dan kita tahu cara penanganan dari tindakan tersebut.

lovebird sedang sakit, lovebird sakit

Masalah Umum pada Lovebird 
Sebagai pemelihara Anda memang dituntut untuk mengerti keadaan hewan peliharaan, di samping dengan merawat hewan tersebut dengan baik Anda juga harus menjaganya dari berbagai macam penyakit dan masalah yang bisa saja menyerang hewan tersebut.

Adapun masalah umum yang sering terjadi pada lovebird adalah:

1. Egg binding
Masalah ini menyangkut perkembangbiakan burung, selain itu masalah ini adalah faktor utama yang mengakibatkan banyaknya betina yang mati saat proses bertelur. Egg biding atau yang biasa disebut dengan telur lengket ini terjadi pada telur yang susah keluar dari perut betina (baca selengkapnya: egg binding lovebird).

2. Cacat kaki pada anakan 
Masalah ini terjadi karena sarang yang tidak memiliki dasar yang bagus, biasany anakan burung akan menggunakan dasar yang tidak licin untuk tempatnya berpijak. Kaki anakan tersebut tidak bisa berdiri dan berpijak dengan baik karena kondisi dari sarang yang kurang ideal.

3. Indukan yang sulit dijodohkan 
Terkadang dalam menjodohkan burung ini haruslah menggunakan momen yang pas, karena burung ini tidak akan bisa dijodohkan apabila situasi di sekitarnya tidak mendukung. Selain itu, kesalahan dalam memilih indukan juga sering mempengaruhi, terkadang kita menjodohkan pejantan dengan pejantan. Hal itu wajar karena sangat susah membedakan keduanya, kemudian, umur yang belum matang juga membuat burung ini enggan untuk dijodohkan.

4. Sering terkena snot 
Snot atau penyakit mata lovebird adalah perkara yang sering kita alami, penyakit ini terjadi karena beberapa hal. Namun yang jelas untuk mengatasi masalah ini Anda harus merawat burung ini baik-baik, selanjutnya Anda juga harus menjauhkan burung ini dengan sinar matahari yang akan membuat penyakit ini bertambah parah.

5. Penyakit patek 
Penyakit ini terjadi karena penularan virus strain virus, virus ini menularkan penyakit patek pada burung. Banyak kasus yang menyebutkan bahwa banyak unggas yang mati karena penyakit ini, namun yang jelas untuk mencegah penyakit ini adalah dengan cara merawat kebersihan dan kesehatan dari burung Anda.

6. Dada nyilet 
Penyakit ini muncul pada burung yang kekurangan gizi dan asupan makanan, ciri burung yang mengalami ini adalah dada burung yang membusung dan menonjol. Penyakit ini disebut juga sebagai proment breast bone, selain karena kekurangan gizi ternyata penyakit ini juga disebabkan karena penyakit gondok yang diderita sang burung.

Berbagai macam jenis penyakit sebenarnya bisa dilakukan pencegahan, namun bila sudah terlanjur terkena penyakit, maka segera atasi dengan pengobatan terbaik, salah satunya bisa dengan memberikan OrBird sebagai obat dan vitamin herbal yang efektif dalam mengatasi berbagai jenis penyakit pada burung kicau kesayangan.

Untuk mencegah masalah-masalah di atas sebaiknya Anda jaga kesehatan burung Anda dan rawatlah Ia dengan perawatan yang sebaik-baiknya. Selain itu, berilah mereka makanan yang bernutrisi dan baik untuk kesehatan mereka.