Download Suara Kicau Burung Jalak Suren Mp3 Yang Bagus Untuk Masteran

Advertisement
Advertisement
Burung Jalak Suren memiliki nama ilmiah Sturnus Contra. Burung ini di beberapa daerah di kenal dengan nama yang berbeda beda. Contohnya di daerah Jawa, burung ini banyak dikenal dengan nama Jalak Uren.

Selain itu ada juga yang membedakannya berdasarkan asalanya, seperti: Jalak Suren Jawa (Jalak Uren), Jalak Suren Sumatera, dan Jalak Suren Malaysia (Borneo). Walau demikian, nama Jalak Suren merupakan nama yang paling populer.

gambar jalak suren

A. Ciri Jalak Suren
Burung Jalak Suren memiliki beberapa ciri-ciri umum yang bisa memudahkan kita mengenalinya dan membedakannya dengan Jalak yang lain. berikut adalah beberapa ciri-cirinya. Burung jantan maupun burung betina berbeda ukuran tubuhnya baik panjang dan besarnya. Burung jantan memiliki ukuran tubuh yang lebih panjang dibandingkan dengan burung betina. Kemudian apabila kita memperhatikan di sekeliling mata, kita akan menemukan kulit tanpa bulu berwarna kuning gading atau orange. Di sekitar mata juga terdapat bulu berwarna putih.

Begitu juga dengan paruhnya, burung ini memiliki warna bulu dengan gradasi orange-kuning mulai dari pangkal paruh ke ujung paruh. Bulu di bagian tenggorokan, kepala, punggung, sayap dan ekor didominasi dengan warna hitam. Sedangkan warna putih akan kita temukan di sebagian pangkal paruh, bawah mata, ditengah-tengah sayap dan mulai dari dada hingga ke bawa ekor serta di paha.

B. Asal dan Habitat
Asal burung ini adalah Asia Tenggara dan Anak Benua India. Di Asia Tenggara, Jalak Suren banyak ditemukan di Indonesia seperti di, Pulau Sumatera, Bali dan Pulau Jawa. Sedangkan di negara lain burung ini banyak ditemukan di Kamboja, Laos, Thailand dan Myanmar. kemudian di Anak Benua India banyak ditemukan antara lain di Bangladesh, Nepal, India, dan Andhra Pradesh.

Habitat burung kebanyakan berada di dataran rendah dan rawa-rawa serta perkampungan. Jadi tidak mengherankan apabila kita menemukan burung ini ditempat ramai pemukiman seperti pedesaan.
Walau sering ditemukan di tempat tempat ramai, burung ini banayak membuat tempat tinggal atau sarang di lubang pohon yang tidak jauh dari sumber air. Seringkali burung ini juga ditemukan mencari makan di atas tanah. Dan sesekali turun ke dalam air untuk mencari makanan.

Diantara beberapa pepohonan yang disukai oleh burung ini sebagai tempat meletakkan sarang diantaranya adalah: pohon nangka, pohon aren, pohon mangga, Sonokembang dan beberapa pohon besar lainnya.

C. Makanan/pakan
Seperti yang telah diungkapkan sebelumnya bahwa, burung ini memiliki habitat di tempat yang rendah atau di dataran rendah tidak lebih dari 700 mdpl (meter diatas permukaan laut). Juga sering terlihat di atas tanah mencari makanan.

Di antara makanan-makanan yang disukai oleh Burung Jalak Suren adalah buah-buahan seperti pisang dan pepaya, biji-bijian, telur serangga, serangga, binatang binatang kecil seperti jangkrik, cacing tanah, kupu-kupu dan moluskan.

D. Siklus Hidup Burung
Burung yang sering membuat sarang di dekat air ini, saat sudah dewasa dan kawin akan bereproduksi dan biasanya akan menghasilkan telur sebanyak 4 hingga 6 butir. Warna telurnya biru mengkilat dan tampak polos.

Telur akan menetas kurang lebih setelah dua minggu atau 14 hingga 15 hari.
Di alam liar, musim kawin untuk burung ini terjadi antara bulan Maret hingga bulan September, sedangkan di negara kita, burung yang banyak ditemukan di Pulau Jawa dan Pulau Bali ini banyak berkembang biak pada bulan Desember hingga bulan Juni.

E. Subspesies
Dalam dunia burung, Jalak Suren memiliki beberapa sub spesies, dan selama ini teridentifikasi sekitar 5 sub spesies yang ada.
1. Gracupica Contra Surdida
2. Gracupica Contra Contra
3. Gracupica Contra Floweri
4. Gracupica Contra Jalla
5. Gracupica Contra Contra

F. Suara Jalak Suren
Mengenai suara burung jalak suren, tentu burung ini sudah tidak diragukan lagi karakter suaranya yang khas. Suara jalak suren cukup istimewa, jadi sangat cocok untuk dijadikan sebagai suara master untuk burung kicau yang sobat miliki. Untuk mendapatkan suara jalak suren cukup mudah, yakni dengan mendownloadnya melalui link berikut.

Suara Jalak Suren: DOWNLOAD

Sekian sedikit informasi seputar jalak suren serta suara nya yang bisa anda download dalam bentuk file mp3, semoga bisa berguna buat sobat penggemar jalak suren.