Solusi Lovebird Turun Tangkringan saat Lomba

Advertisement
Advertisement
Lomba Lovebird selain menilai dari kualitas suara juga menilai dari kebiasaan burung, jika burung tersebut sering terbang kesan-kemari maka bisa dipastikan akan mendapatkan nilai yang buruk. Memang banyak pecinta burung ini yang menyayangkan hal tersebut, namun Anda juga harus paham mengenai kondisi dari burung anda.

Hal paling utama yang menyebabkan burung anda tidak bisa diam di tangkringan adalah birahi yang memuncak, untuk masalah seperti ini yang harus anda lakuan adalah dengan mengawinkan burung Anda sebelum ikut lomba. Akan tetapi selain hal tadi ternyata ada hal lain yang menyebabkan burung Anda tidak bisa diam di tangkringan.

lovebird turun tangkringan

Penyebab Burung Tidak Bisa Diam di Tangkringan
Ada beberapa faktor yang menyebabkan seeokor burung tidak bisa berdiam diri di tangkringan, adapun penyebab lovebird turun dari tangringan adalah:

1. Faktor stres 
Burung memiliki perasaan stres saat kondisi di lingkungan sekitarnya tidak kondusif, jika terjadi seperti ini maka bisa dibilang burung tersebut tidak memiliki mental sebagai burung untuk lomba. Akan tetapi Anda bisa melatih mental burung tersebut dengan mengajaknya jalan-jalan atau Anda masukan burung Anda dengan burung lain yang bermental juara dalam satu kandang yag sama.

2. Over birahi 
Over birahi pada lovebird sangat mempengaruhi performanya, saat Ia sedang seperti ini maka hal yang paling sering dilakukan adalah terbang kesana-kemari mencari lawan jenisnya. Jika hal ini terjadi saat lomba maka juri akan memberikan nilai yang buruk untuk burung tersebut, untuk mengatasinya adalah dengan cara mengawinkan burung ini sebelum Ia ikut lomba.

3. Tangkringan yang tidak nyaman 
Biasanya seeokor burung akan enggan untuk diam di tangkringan yang tidak nyaman untuknya, hal ini bisa terjadi karena tangkringan tersebut tidak disukai oleh burung atau tidak nyaman saat Ia pijaki.

Untuk mengatasi ini baiknya Anda mengganti tangringan tersebut dengan yang nyaman seperti:
a. Bahan yang digunakan bentuknya lurus dan tidak licin saat dipijaki oleh burung Anda.
b. Pilihlah tangkringan yang pas dengan cengkraman burung agar lebih nyaman saat dipijaki.
c. Sebaiknya gunakan tangkringan dari kayu asem atau kayu yang sudah diasah, tujuannya agar sang burung dapat mengasah paruh dan cakarnya.
d. Untuk burung yang gemar terbang kesana-kemari sebaiknya gunakan tangkringan lebih dari satu, tujuannya agar saat burung tersebut bosan dengan salah satu tangkringan Ia bisa memilih tangkringan yang lain.

4. Terlalu banyak mengkonsumsi extra food 
Terlalu banyak mengkonsumsi extra food juga sangat berpengaruh dengan perilaku burung Anda, saat Ia terlalu banyak mengkonsumsi makanan ekstra maka Ia akan lebih gesit dan suka terbang kesana-kemari. untuk mengatasi ini sebaiknya Anda kurangi konsumsi extra food yang biasa Ia konsumsi, dengan cara ini diharapkan burung tersebut lebih tenang dan berdiam di tangkringannya.

Jika Anda memiliki lovebird yang suka turun dari tangkringan saat lomba, dan suka terbang-terbang maka cobalah untuk menerapkan cara di atas. Selain itu, Anda juga disarankan untuk menjaga mental burung Anda, karena mental burung yang lemah akan membuat burung tersebut mudah stres dan panik saat berada pada situasi yang ramai seperti lomba dan semacamnya.