Bahan-bahan untuk Sarang Lovebird

Advertisement
Advertisement
Terkadang breeder pemula sering dibuat pusing dengan bahan untuk sarang lovebird, ya kebanyakan mereka khawatir dengan kualitas sarang hewan peliharaanya. Sebenarnya kualitas bahan untuk sarang yang baik adalah bahan yang tidak terlalu licin, kenapa? karena bahan yang terlalu licin akan membuat kaki burung tersebut tidak bisa berpijak dengan baik.

Selain itu sarang dengan bahan licin juga akan membuat anakan burung akan mengalami cacat pada bagian kaki, cacat tersebut karena kaki mereka tidak mampu untuk berpijak dengan baik di sarang. Lalu apa bahan yang baik untuk dijadikan sarang? Untuk membuat sarang yang baik, idealnya harus menggunakan bahan yang baik dan nyaman untuk burung.

sarang lovebird

Jenis Bahan Untuk Sarang Lovebird 
Membangun sarang lovebird harus di tempat yang terkena sinar matahari, selain itu kondisi sarang juga harus nyaman. Sedangkan untuk suhunya sendiri idealnya tidak terlalu panas dan tidak pula terlalu lembab.

Untuk glodoknya sendiri Anda bisa menggunakan kayu tripleks dengan ketebalan 1 -1,5 cm, sedangkan untuk sarangnya Anda bisa menggunakan bahan-bahan berikut:

1. Serabut kelapa 
Anda bisa menggunakan serabut kelapa untuk dijadikan sarang burung, bahan ini dinilai baik karena akan memberikan kehangatan pada betina yang hendak melahirkan. Selain itu bahan ini juga kesat dan kasar, jadi sangat baik untuk anakan burung dalam melatih kaki-kaki kecilnya. Namun untuk mendapatkan kenyamanan burung, sebaiknya Anda rendam bahan ini selama satu malam agar tidak terlalu kasar dan lebih nyaman.

2. Kulit jagung 
Kulit jagung adalah bahan yang baik untuk sarang burung, selain karena bisa menghangatkan bahan ini tidak sekasar serabut kelapa. Anda juga bisa dengan mudah meletakan bahan ini, selain karena lebih kecil bahan ini juga lebih fleksibel dari serabut kelapa.

3. Daun pisang
Selain kulit jagung, Anda juga bisa menggunakan daun pisang sebagai sarang burung, namun sebaiknya gunakan daun yang sudah mengering dan sudah tua. Hal ini untuk kenyaman burung, karena jika terlalu muda dan masih hijau akan membuat burung tersebut tidak nyaman dan enggan untuk bersarang.

4. Pelepah kelapa 
Anda juga bisa menggunakan pelepah kelapa sebagai sarang lovebird, namun untuk kenyamanan sebaik Anda gunakan pelepah kelapa yang sudah dipotong menjadi 20 cm. Selain pelepah tersebut juga harus dikupas dan direndam dalam air selama kurang lebih 5 hari.

5. Serutan kayu 
Anda bisa langsung menggunakan serutan kayu sebagai sarang burung Anda. Selain karena lebih nyaman dan bersuhu ideal, serutan kayu tidak memerlukan proses tambahan untuk dijadikan sarang burung.

Dalam memilih jenis bahan untuk sarang lovebird, sebaiknya Anda gunakan bahan-bahan yang memiliki tingkat kelembaban yang ideal. Selain itu Anda juga harus memilih bahan yang nyaman dan tidak terlalu panas saat digunakan. Hal tersebut bertujuan agar burung merasa nyaman saat bersarang, jika ia merasa nyaman maka ia akan dengan mudah berdiam diri di sarangnya dan beristirahat disana.