Langsung ke konten utama

9 Ragam Warna Spesies Burung Lovebird

Lovebird adalah salah satu jenis burung yang banyak digemari akhir-akhir ini, banyak orang yang melakukan budidaya (breeding) atau sekedar memelihara untuk diikutsertakan dalam lomba. Burung ini selain cantik, juga memiliki suara (kicauan) yang merdu. Banyak orang yang menyukai gaya burung ini dalam berkicau, hingga banyak dari mereka yang mengadakan kejuaraan untuk burung jenis ini.

Berbicara mengenai burung, tahukah Anda jika ada 9 jenis lovebird yang ada di dunia ini? Kesembilan jenis itu memiliki keunikan dan ciri khasnya masing-masing. Lalu apa saja jenis burung paruh bengkok ini? berikut penjelasannya.

spesies lovebird, warna lovebird, lovebird warna

Jinis-jenis Lovebird 
Setidaknya ada 9 jenis burung lovebird yang biasanya dijadikan peliharaan bagi mereka yang suka dengan burung ini. Dan berikut adalah usalasan lengkapnya.

1. Red-Faced Lovebird (Agapornis Pullarius)
Jenis ini adalah jenis yang paling besar diantara jenis-jenis yang lain, ukuran burung ini berkisar antara 15 sampai 16 cm. Jenis ini memiliki ciri khusus, ciri tersebut terdapat pada bulunya yang semuanya berwarna hijau dan pada bagian wajah memiliki warna merah. Warna merah ini untuk betina cenderung lebih sedikit, sedangkan untuk jantan cenderung lebih banyak dari betina. Habitat burung ini berada di bagian Afrika Tengah dan Afika Barat.

2. Grey-Headed Lovebird or Madagascar Lovebird (Agapornis Canus) 
Jenis ini adalah satu-satunya jenis lovebird yang berasal dari madagaskar, ciri utama pada jenis ini adalah warna abu-abu pada bagian punggung, kepala, leher dan paruhnya. Sedangkan untuk bagian perut dan sayap burung ini berwarna hijau gelap. Panjang burung ini berkisar antara 13cm sampai 14cm, jika dibandingkan red-faced burung jenis ini cenderung lebih kecil. Habitat burung ini ada pada pulau Madakaskar sebelah benua Afrika.

3. Fischer's Lovebird (Agapornis Fischeri) 
Untuk jenis ini Anda akan mendapati berbagai macam warna pada bulunya, ya burung ini memiliki warna hitam di kepala, merah di paruh, putih di mata, hijau di sayap, jingga di bagian leher, dan biru untuk bagian pantatnya, sedangkan untuk ukuran burung ini memiliki panjang sekitar 14 cm.  Habitat asli burung ini ada di daerah Tanzania di Benua Afrika.

4. Black-collared Lovebird atau Swindern's Lovebird (Agapornis Swindernianus) 
Jenis  ini memiliki mayoritas warna hijau pada tubuhnya, hanya saja pada bagian lehernya berwarna coklat, untuk tengkuknya berwarna hitam, paruhnya berwarna coklat kehitaman, sedangkan untuk ukuran Ia memiliki panjang sekitar 13,5 cm. Habitat asli burung ini ada di Afrika Tengah dan Barat.

5. Lilian's Lovebird Nyasa Lovebird (Agapornis Lilianae) 
Jenis ini memiliki warna hijau pada seluruh badannya. Namun untuk bagian kepala burung ini memiliki warna jingga, paruhnya berwarna merah, sedangkan untuk matanya berwarna putih. Untuk ukuran burung ini berkisar sekitar 12 sampai 13 cm. Habitat asli burung ini ada di Tanzania, Malawi, dan Mozambique di daerah Afrika.

6. Jenis Sayap hitam (Agorpornis Taranta) 
Burung ini memiliki warna hijau untuk tubuhnya dan warna hitam pada bagian bawah sayapnya. Untuk membedakan yang jantan dan betina biasanya dibedakan dengan warna jingga pada bagian kepala, sedangkan untuk ukuran burung ini sekitar 13 samapi 14 cm. Ia memiliki habitat asli di daerah Ethiopia di benua Afrika.

7. Jenis Muka Salem (Agorpornis Roseicollis) 
Umunya burung ini memiliki warna hijau untuk tubuhnya, namun Ia memiliki warna kuning di bagian paruh, dahi dan mata yang berwarna merah, sayap bagian belakang yang berwarna biru, dan kaki yang berwarna abu-abu. Burung ini memiliki tipe albino dengan warna bulu yang putih dan warna mata yang merah, tipe lutino dengan warna tubuh kuning dan warna mata yang merah, dan tipe cinamon yang memiliki warna coklat, dan masih banyak tipe burung lain yang berjenis muka salem ini. Untuk habitatnya sendiri Ia ada di daerah Afrika.

8. Jenis Muka Topeng (Agorpornis Prosantha) 
Jenis lovebird ini memilki warna hijau untuk bagian tubuhnya, warna kuning untuk bagian leher, warna coklat kehitaman untuk bagian pipi, warna merah untuk bagian paruh, warna htam untuk bagian wajah, dan warna putih untuk bagian mata. Sedangkan untuk habitat asli burung ini adalah di Afrika sebelah barat daya.

9. Jenis Kacamata Pipi Hitam (Agorpornis Nigrigenis) 
Burung ini memiliki warna tubuh hijau dan memiliki warna coklat kehitaman pada bagan dahi. Sedangkan untuk bagian dada atas berwarna jingga, paruh berwarna merah, sedangkan untuk kaki dan ekor berwarna abu-abu dan warna putih pada bagian matanya. Sedangkan untuk habitat aslinya ada di daerah Zimbabwe dan Zambia di benua Afrika.

Mayoritas burung Lovebird berasal dari benua Afrika, dan satu dari mereka berasal dari pulau Madagaskar. Walaupun burung impor tapi peminatnya sangat banyak di Indonesia, hal itu dilihat dari banyaknya orang yang memelihara burung ini dan menjadiknya sebagai burung untuk kejuaraan dan lomba.

Pos populer dari blog ini

Download Suara Kicau Burung Murai Batu Mp3 Durasi Panjang

Suara murai batu memang istimewa, maka tak heran bila sobat kicaumania berburu suara kicauannya, entah sebagai koleksi yang sekedar untuk didengarkan sendiri di rumah, atau dipakai sebagai bahan untuk mastering burung kicau. Murai batu termasuk dalam jajaran burung kicau kelas premium di Indonesia.

Murai batu merupakan salah satu jenis burung yang paling digemari kicaumania hingga saat ini, sehingga pantas saja bila burung ini menjadi burung primadona di negeri ini. Murai batu juga memiliki banyak keunggulan, selain dari segi suara sangat bagus juga dari segi tampilan fisik yang elegan. Ini yang menjadikannya terlihat sangat memukau, dan menjadikan burung ini cukup laris di pasaran. Murai batu kini sangat populer di kawasan asia, mulai dari India, Thailand, Singapura, Malaysia, dan termasuk juga Indonesia.

Murai batu ada berbagai macam jenis,  dan jenis murai batu yang paling populer diantaranya adalah murai batu medan, murai batu nias, murai batu lampung, murai batu aceh, dan murai b…

Cara Ternak Burung Lovebird Untuk Pemula Lengkap

Ternak lovebird menjadi salah satu usaha yang sangat menjanjikan, mengingat banyaknya peminat burung ini di pasaran. Selain itu, lovebird juga menjadi salah satu burung primadona yang sangat populer di negeri ini. Bagi sobat yang berminat untuk memulai usaha budidaya ternak burung kicau, maka ada banyak burung yang bisa dijadikan opsi untuk beternak, mulai dari burung kenari, lovebird, kacer, murai batu, dan lain sebagainya. Sobat harus tahu, terlebih harus peka mengenai burung apakah yang saat ini sedang trend dan dicari banyak orang?


Kami akan mencoba memberikan salah satu result untuk sobat, yaitu burung lovebird. Nah, burung lovebird akhir-akhir ini menjadi burung yang peminatnya terus bertambah, karena tidak hanya di kota-kota besar saja yang tertarik untuk memelihara burung ini, di perdesaan pun mulai banyak yang bermiant untuk memilikinya, bahkan sampai berminat untuk mengembangkannya.

Ternak lovebird bisa dibilang susah-susah gampang, tetapi bila sudah cukup pengalaman, maka ak…

Harga Burung Lovebird Terbaru Mei 2017

Harga lovebird mungkin sedang anda cari saat ini? maka akan kami share, dan teruslah ikuti pembahasannya berikut ini. Burung lovebird atau yang umum dikenal dengan singkatan LB ini merupakan jenis burung kicau yang memiliki warna yang beragam, ada merah, biru, hijau, kuning, dan lain sebaginya. Bulu yang indah, paruhnya yang unik, serta matanya yang bulat tajam menjadikan ciri khas dari burung satu ini. Di Indonesia pecinta burung LB sangat banyak sekali, dan jenis burung ini termasuk jenis burung yang juga menjadi incaran para kicau mania.


Paruhnya yang bengkok menukik kie bawah memang menjadi daya tarik bagi penggemarnya, jadi wajar bila burung lovebird di tahun ini masuk papan teratas yang ramai di pasaran, selain kenari dan murai batu. Di tahun 2013 yang lalu harga burung lovebird katanya menurun, dan di tahun 2014 mulai naik tajam, hingga di tahun 2015 ini burung lovebird harganya lumayan. Namun, setiap jenis lovebird harganya berbeda, tentu bagi sobat pecinta burung lovebird yan…