Tips Perawatan Lovebird yang Mabung

Advertisement
Advertisement
Kondisi mabung pada lovebird adalah kondisi dimana kita sebagai pemilik harus memperlakukan burung dengan sebaik mungkin. Kita dituntut untuk memberikan beberapa macam nutrisi serti protein, protein berguna untuk mempercepat proses penumbuhan bulu baru pada burung yang mabung.

Idealnya protein yang dibutuhkan untuk proses ini adalah 25% dari jumlah total asupan protein burung, untuk itu kita harus memberikan extra food berprotein saat burung dalam keadaan mabung.

burung lovebird mabung, lovebird mabung

Cara Merawat Burung yang Mabung 
Dalam beberapa kasus, mabung biasanya terjadi dengan sendirinya, namun di sisi lain tidak sedikit proses mabung yang terjadi karena adanya gangguan.

Adapun gangguan tersebut berupa:

1. Penyakit yang disebabkan virus circovirus dan virus polyoma, virus ini akan memperlambat produksi bulu burung dan menyebabkan terjadinya mabung.
2. Kekurangan giji saat proses produksi bulu menyebabkan terjadinya mabung.
3. Zat kimia juga berperan aktif menyebabkan perlambatan pertumbuhan bulu burung.
4. Stres juga mempengaruhi proses pertumbuhan bulu baru terutama pada burung yang masih kecil dan masih dilolohkan.

Penyebab mabung di tas sangat sering kita jumpai, untuk itu kita sebagai breeder haruslah menjauhkan burung kita dari keempat hal tersebut. Lalu bagaimana dengan burung yang sedang mengalami mabung? Untuk burung yang sedang mengalami mabung sebaiknya Anda lakukan perawatan khusus.

Adapun cara merawat lovebird yang mabung adalah sebagai berikut:

1. Posisi kandang burung 
Tempatkan kandang sejauh mungkin dari jangkauan manusia serta makhluk lain. Hal ini untuk menghindari terjadinya stres pada burung, aktifitas manusia bisa membuat burung Anda stres. Selian itu jauhkan juga sangkar dari kebisingan, karena kebisingan akan membuat burung tersebut tidak nyaman dan membuatnya stres. Kenapa hal ini dilakukan? Karena stres akan memperparah keadaan burung yang sedang mabung.

2. Porses mandi dan berjemur 
Untuk lovebird yang mabung sebaiknya Anda cukup memandikannya sebanyak 1 kali dalam seminggu, selain itu untuk proses penjemuran juga hanya perlu dilakukan selama 30 menit sehari.

3. Pola makan
Dalam kondisi ini sebaik Anda beri Ia makanan yang memiliki kandungan protein dan karatin yang baik untuk proses pertumbuhan bulu, Anda bisa gunakan extra food yang mengandung zat protein. makanan tersebut bisa berupa kwaci, jagung muda, sawi, dan kangkung, selain itu Anda juga harus memberikan porsi makanan yang lebih banyak untuk burung Anda.

4. Multivitamin 
Anda juga bisa menggunakan multivitamin OrBird yang baik untuk kesehatan dan pertumbuhan bulu burung. Untuk proses ini Anda bisa menggunakan air yang dicampurkan vitamin untuk dikonsumsi sang burung, selain itu berikan perawatan ini selama 2 kali dalam seminggu.

Anda bisa melakukan cara-cara di atas untuk mengatasi lovebird yang sedang mabung, tapi tahukah Anda jika keadaan ini akan membuat burung dalam keadaan diam dan gampang mendengar. Jika Anda ingin burung Anda memiliki kwalitas yang baik, Anda bisa melakukan proses pemasteran saat burung dalam kondisi mabung seperti ini.