Penyebab Utama Lovebird Sulit Bertelur

Advertisement
Advertisement
Lovebird adalah satu hewan yang monomorfik seksual, dengan sifat itu terkadang kita sering sekali terkecoh dalam membedakan antara pejantan dan betina. Antara pejantan dan betina memang 90% mirip, dan yang membedakan keduanya hanyalah jenis kelaminnya dan beberapa corak warnanya saja.

Lucu memang, tapi pada kenyataanya memang terjadi kesalahan dalam membedakan mana yang jantan dan mana yang betina (baca: cara membedakan lovebird jantan dan betina). Kasus seperti ini memang sering terjadi dan salah satu penyebab utama mengapa burung ini sulit untuk bertelur. Akan tetapi selain hal ini ternyata ada hal lain yang membuat burung ini sulit untuk bertelur, apakah itu?

lovebird bertelur

Penyebab Utama Lovebird Sulit Bertelur 
Ternyata selain salah membedakan jenis kelamin antara jantan dan betina, ada beberapa penyebab lain yang membuat sang betina sulit untuk bertelur.

Adapun penyebab lovebird sulit untuk bertelur adalah sebagai berikut:

1. Usia betina 
Lovebird muda tidak akan mengasilkan telur karena Ia masih belum siap untuk bertelur, ya jika Anda menjodohkan indukan yang masih muda maka sangat kecil kemungkinan betina tersebut memiliki telur. Jika Anda ingin betina yang cepat bertelur maka pilihlah betina dengan usia yang matang, usia tersebut sekitar 10 bulan untuk yang jenis non klep dan 1 tahun untuk yang jenis klep. Untuk memiliki telur betina memang harus memiliki usia yang matang, jadi jika Anda ingin mengambil calon indukan betina maka pilihlah betina dengan umur yag matang seperti di atas.

2. Jenis betina 
Anda bisa pilih lovebird jenis klep dan non klep sebagai betina, jenis ini sangat memungkinkan untuk bertelur. Akan tetapi Anda jangan pernah sekali-kali mengawinkan indukan jantan Anda dengan betina yang berjenis semi klep, kenapa? karena betina jenis ini memiliki sifat mandul atau infertil. Jadi jika Anda mengawinkan pejantan Anda dengan betina jenis ini maka akan sangat tidak mungkin akan menghasilkan telur, akan tetapi Anda bisa mengganti jenis betina tersebut dengan jenis klep atau pun jenis non klep agar bisa menghasilkan telur.

Solusi lain:
Berikan OrBird pada indukan lovebird, karena vitamin ini sangat bermanfaat dalam membuat burung semakin produktif.

Kedua penyebab diatas adalah penyebab utama mengapa indukan betina dari burung ini tidak bisa menghasilkan telur. Namun jika Anda ingin betina burung Anda memiliki telur maka hindarilah penyebab diatas, selain itu bijaklah dalam memilih indukan karena indukan sangat berpengaruh pada kualitas anaknya kelak.