Mengenal Burung Nuri Raja Ambon (Alisterus Amboinensis)

Advertisement
Advertisement
Burung Nuri Ambon atau yang biasa dikenal dengan nama burung Nuri Raja Ambon memiliki nama ilmiah Alisterus Amboninensis. Sesuai namanya, burung ini banyak ditemukan di Maluku dan ditetapkan sebagai burung identitas Provinsi Maluku.

Ciri-ciri burung cantik ini, memiliki tubuh berukuran cukup panjang sekitar 35 cm pada saat sudah dewasa. Bobotnya bisa mencapai 145 hingga 165 gram. Bagian kepala hingga leher burung ini didominasi warna merah. Kemudian paruhnya berwarna hitam. Bagian sayapnya berwarna hijau, dan bagian punggung serta ekor warna biru terang dan biru dongker.

nuri raja ambon, nuri ambon

Habitat dan Makanan Nuri Ambon
Seringkali burung ini ditemukan di hutan sekunder atau dipinggir-pinggir hutan dan di perkebunan. Makanan yang disukainya diantaranya adalah biji-bijian seperti jagung muda, kemudian buah-buahan seperti buah pisang, pepaya atau apel. Burung ini juga menyukai nektar bunga.
Jika masih anakan atau masih muda, anda bisa memberikannya makanan berupa air gula. Cara membuatnya: Pertama siapkan air matang kurang lebih seperempat gelas kemudian tambahkan 2 sendok makan gula lalu aduk hingga rata dan berikan setiap 2 atau 3 jam.

Reproduksi
Di alam liar, burung Nuri Raja Ambon biasanya kawin pada bulan Februari hingga bulan April dan menghasilkan 2 butir telur dan biasanya dierami selama kurang lebih 26-28 hari. Anak burung biasanya akan dijaga dan diberikan makan oleh induknya selama kurang lebih enam minggu.

Penangkaran dan perawatan
Bagi anda yang memiliki ide untuk menangkar sendiri burung ini, kandang yang harus disediakan berukuran cukup besar sekitar 100 cm x 100 cm x 200 cm. Walaupun terkesan sederhana namun kandang tersebut sudah bisa mengakomodasi dua burung sekaligus. Jika anda berencana membuat burung tersebut lebih produktif, anda bisa memberikan ukuran kandang yang lebih besar dan memasukkan dua burung jantan untuk mengawini 1 burung betina (poliandri).

Perawatan Nuri Ambon
Merawat burung pintar (Nuri Raja Ambon) yang pandai menirukan suara manusia maupun suara burung lain ini sebenarnya tidak terlalu sulit, yang perlu dilakukan hanyalah menjaganya dari pemangsa dan membersihkan kandangnya secara rutin.