7 Makanan Kesukaan Burung Nuri

Advertisement
Advertisement
Burung Nuri adalah burung cerdas yang memiliki bentuk lidah cukup unik sehingga bisa menirukan berbagai suara termasuk suara manusia. Jadi, sayang sekali apabila burung ini tidak dilatih dengan benar setelah dibeli.

Namun tidak banyak yang mengetahui bahwa sebenarnya burung Nuri akan semakin bagus apabila diberikan makanan yang bergizi dan cocok untuknya.

makanan nuri

Diantara beberapa makanan yang baik untuk burung Nuri adalah,

1. Buah
Sebagai burung paruh bengkok, burung ini menyukai berbagai jenis buah-buahan seperti buah apel. Selain itu, buah pir juga bisa dijadikan sebagai makanan nuri. Buah apel banyak mengandung fitokimia yaitu zat antioksidan yang berfungsi sebagai penangkal radikal bebas sehingga burung yang mengkonsumsinya bisa terbebas dari berbagai ancaman polusi udara dan lingkungan sekitarnya tidak hanya itu, buah ini juga banyak mengandung mineral lain seperti magnesium, kalsium potasium dan zinc.

Namun apel tampaknya lebih sulit ditemukan dibandingkan dengan buah pisang. Pisang banyak mengandung gizi dan cocok diberikan untuk burung Nuri. Menurut beberapa data ilmiah, buah pisang mengandung 68% air, 25% gula dan sisanya 2% protein serta 1% lemak. Seperti yang kita tahu bahwa burung Nuri juga menyukai makanan-makanan manis. Pada saat masih kecil atau apabila masih anakan, burung Nuri biasanya diberikan makan berupa air gula.

Manfaat buah pisang dapat meningkatkan kekebalan tubuh burung dan dapat mengatasi gangguan pencernaan. Selain itu, anda juga bisa memberikannya pepaya matang karena buah ini juga disukai oleh berbagai jenis burung Nuri.

2. Biji-bijian
Sedangkan dari biji-bijian burung ini menyukai jagung muda yang masih segar. Anda juga bisa memberinya millet dan biji bunga matahari berdampingan dengan buah-buahan.

3. Susu
Beberapa pecinta burung yang secara rutin melatih burung Nuri mereka untuk berbicara mengatakan bahwa, susu adalah salah satu minuman yang tidak boleh ditinggalkan untuk memancing suara dan meningkatkan kualitas serta kesehatan burung itu sendiri.

4. Sayur
Bisa dikatakan bahwa burung Nuri menyukai banyak hal seperti yang telah disebutkan diatas. Namun, selain itu, burung ini juga menyukai berbagai jenis sayur-sayuran. Sayur-sayuran yang disukainya adalah: kentang, brokoli, wortel dan sesekali bisa diberikan kangkung.

5. Umbi
Sedangkan dari umbi-umbian, anda bisa memilih ubi jalar yang terkenal memiliki banyak manfaat serta dapat melancarkan pencernaan karena banyak mengandung serat.

6. Pelet
Selain makanan alami, burung ini juga boleh diberikan pelet khusus untuk burung atau pelet lele.

7. Pakan buatan
Beberapa orang sering melakukan riset dan membuat sendiri pakan untuk hewan peliharaan mereka. Tidak terkecuali dengan berbagai jenis burung kicau yang ada, biasanya para pencinta burung juga menciptakan sendiri pakan yang mereka butuhkan mengingat mahalnya harga serta sulitnya menemukan makanan bergizi khusus untuk burung tersebut.

Salah satu makanan buatan untuk burung Nuri adalah, campuran: gandum, sayur, beras merah, millet dan jewawut. Semua bahan makanan tersebut bisa dicampurkan dan dijadikan bubur kemudian diberikan untuk burung Nuri.