Makanan Pilihan Burung Cucak Rowo

Advertisement
Advertisement
Memelihara burung kicau seperti Cucak Rowo membutuhkan perawatan ekstra. Dan para breeder atau peternak dan pemilik burung (penghobi) juga diharuskan mengetahui sifat serta makanan kesukaan burung tersebut.

Dengan memberikan makanan yang tepat kepada burung, diharapkan burung bisa tetap sehat, memiliki bulu yang baik, suara juga diharapkan bisa ropel dan gacor. Ngeropel adalah istilah untuk menggambarkan burung Cucak Rawa yang mengeluarkan suara seri atau beruntun, misalnya, kicau berturut-turut yang panjang dan melengking.

makanan cucak rowo

Selain itu, pemberian makan seperti extra food (EF) juga bisa mempengaruhi kondisi burung, baik itu birahinya dan mood-nya. Dengan kata lain, pemberian makan harus divariasikan, disesuaikan dengan kondisi dan waktu serta kebutuhan dari burung yang bersangkutan.

Pakan Burung Cucak Rowo

A. Voer
Untuk makanan utama, Cucakrowo bisa diberikan voer yang kadar proteinnya antara 10% (persen) hingga 20%. Seperti burung-burung lainnya, voer yang berkualitas dapat membantu metabolisme burung serta membantu melancarkan sistem pencernaannya. Selain mengandung banyak nutrisi, voer berkualitas juga biasanya sudah dilengkapi dengan vitamin.

B. Extra Food (EF)
Makanan extra yang sarat protein, gizi, mineral dan vitamin bisa bersumber dari binatang-binatang kecil seperti serangga dan lain-lain. Diantara beberapa binatang-binatang kecil yang disukai oleh cucakrawa dan cocok diberikan untuk meningkatkan birahi, menjaga agar burung tetap sehat serta membuatnya tetap fit diantaranya adalah:
1. Jangkrik
2. Kroto
3. Ulat hongkong
4. Ulat Bambu
5. Kelabang
6. Belalang
7. Orong-orong
8. Siput sawah yang kecil.

Selain dari hewan-hewan kecil, Cucak Rowo juga menyukai buah-buahan, diantaranya adalah:
1. Pisang, khususnya pisang kepok
2. Buah apel
3. Buah Pir
4. Tomat
5. Pepaya

Pemberian makan berupa buah-buahan dimaksudkan untuk melancarkan pencernaan dan sebagai sumber vitamin.

Pemberian Makanan Extra
Setiap peternak memberikan makanan ekstra dengan metode yang berbeda-beda. Namun ada beberapa pedoman umum yang bisa diikuti, diantaranya adalah:
a. Anda bisa memberikan 5 ekor jangkrik di pagi hari setelah dimandikan. Kemudian anda juga bisa memberikan variasi makanan seperti pisang setiap hari atau pepaya 3 kali seminggu. Atau anda juga bisa menggantinya dengan apel.
b. Selain pada pagi hari, jangkrik juga bisa diberikan pada sore hari. Misalnya 3 hingga 5 ekor. Jangkrik yang akan diberikan terlebih dahulu harus dibuang kakinya agar memudahkan burung dalam memangsa binatang kecil tersebut. Atau jika anda ingin memberikan orang-orang, kelabang, atau yang lainnya. Bisa dilakukan menggunakan bantuan sumpit atau lidi.
c. Khusus untuk burung Cucak Rowo, pemberian kroto sebaiknya dilakukan tidak terlalu sering. Misalnya, 3 atau 4 kali seminggu sebanyak satu sendok makan.

Kebutuhan Nutrisi dan Vitamin
Secara umum, Cucak Rowo harus diberikan pakan atau makanan yang mengandung cukup nutrisi, vitamin serta mineral. Diantara beberapa vitamin yang dibutuhkan adalah, vitamin A vitamin B kompleks, vitamin C dan vitamin D. Vitamin-vitamin tersebut bisa berasal dari buah-buahan seperti buah pepaya, yang banyak mengandung vitamin C, buah apel banyak mengandung vitamin B dan buah pisang terkenal banyak mengandung magnesium dan kalsium sebagai sumber vitamin D. Atau selain dari buah, anda bisa memberikan vitamin khusus yang tersedia di toko burung.

Untuk memenuhi kebutuhan protein, burung bisa diberikan kroto dan jangkrik yang memang kaya akan protein.

Solusi lainnya yang lebih praktis adalah dengan memberikan suplemen OrBird yang kaya akan nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan burung.

Makanan cucak rowo memang harus memenuhi kebutuha gizinya, tentu harus mengandung gizi yang tinggi. Sekian kami akhiri postingan seputar pakan cucak rowo kali ini, semoga bermanfaat untuk sobat pecinta burung cucak rowo.