Macam Jenis Penyakit yang Sering Menyerang Lovebird

Advertisement
Advertisement
Lovebird (LB) adalah salah satu hewan yang sedang marak dipelihara, kebanyakan orang memelihara burung untuk untuk membudidayakan atau hanya sekedar memelihara saja karena hobi. Melakukan budidaya burung paruh bengkok ini memang sangat menyenangkan dan memiliki keasikan tersendiri.

Namun, sebelum memelihara hewan ini ada baikya Anda mengetahui tentang kondisi hewan tersebut. Maksud kondisi di sini ialah kondisi kesehatan burung Anda, macam-macam penyakit yang sering menyerang, serta cara untuk mengatasi penyakit tersebut.

penyakit pada lovebird, penyakit lovebird, lovebird sakit

Mengenal Jenis Penyakit Lovebird
Sama halnya dengan hewan lain, salah satu jenis burung paruh bengkok ini juga memiliki beberapa penyakit langganan, ya penyakit-penyakit ini memang sering menyerang LB.

Adapun jenis penyakit lovebird yang dimaksud adalah:

1. Masalah pernafasan 
Penyakit jenis ini disebabkan karena gangguan skunder pernafasan yang disebabkan karena virus, virus yang dimaksud adalah virus mycoplasma dan juga bakteri E.Coli. Virus dan bakteri akan menyerang saluran pernafasan dan membuat si burung akan mengalami bersin-bersin, saat malam hari Ia akan mendengkur, sedangkan pada bagian hidungnya sedikit basah dan lembab.

2. Berak kapur 
Penyakit ini disebut juga dengan nama Pullorum, penyakit ini disebabkan karena salmonela yang menyerang organ dan saluran penceranaan burung. Jika burung memiliki penyakit ini, Ia akan memiliki feces berbentuk cair seperti kapur. Tanda lainnya adalah pada bagian anus burung akan terdapat bercak putih seperti kapur, selain itu burung akan mengalami penurunan nafsu makanan.

3. Snot 
Penyakit ini menyerang bagian wajah burung, di beberapa kasus penyakit ini disebut juga sebagai penyakit mata pada burung. Hal itu disebabkan karena mayoritas kasus mengalami gejala penyakit yang sama, gejala terebut biasanya terjadi pada mata yang bengkak dan berair. Penyakit ini disebabkan oleh virus hemophillus gallinarum.

4. Bubul 
Penyakit ini disebabkan karena bakteri staphylo occus, biasanya gejala yang sering terjadi adalah timbulnya kuku burung yang memanjang, sisik kulit yang melebar, dan permukaan kaki yang membengkak. Ya penyakit ini adalah salah satu penyakit yang menyerang kaki si burung, penyakit ini terjadi karena kebersihan kandang tidak terjaga dengan baik sehingga bakteri ini menyebar dan mengakibatkan burung mengalami sakit.

5. Cacingan 
Pertanda jika terjadi penyakit ini adalah kondisi burung yang tidak bergairah, karena di dalam tubuhnya terdapat beberapa cacing seperti cacing tambang, cacing hati, dan cacing pita. Cacing-cacing ini akan menyerang organ pencernaan dan hati burung.

6. Mencret 
Mencret atau diare pada burung sering terajadi, hal ini disebabkan karena keadaan lingkungan dan sangkar tidak bersih dan terawat dengan baik. Selain itu tempat makan dan minum yang kotor juga berpotensi menimbulkan penyakit ini, karena cacing bisa saja berkembangbiak dan mengakibatkan penyakit ini (baca: cara mengobati lovebird mencret).

7. Kutu burung 
Penyakit ini ditandai dengan perilaku burung yang sering gelisah, mencabuti bulunya, serta frekuensi suara yang menurun.

Solusi:
Untuk pencegahan dan pengobatan bisa anda berikan multivitamin OrBird, obat ini sangat efektif untuk mencegah dan mengatasi berbagai macam jenis penyakit luar dan dalam.

Mengenal jenis-jenis penyakit lovebird itu sangat penting untuk melakukan tindakan pencegahan, karena mencegah sangat lebih baik dari pada mengobati. Selain itu cara pencegahan yang paling sederhana adalah dengan melakukan perawatan yang ideal bagi burung, perawatan tersebut entah berupa perawatan kebersihan, pemberian pakan, atau pemberian vitamin.