Beberapa Kriteria Penilaian Lomba untuk Kelas Lovebird

Advertisement
Advertisement
Selain cantik dengan bulunya lovebird juga memiliki kicauan yang indah, kicauan burung ini disebut juga dengan istilah ngekek. Burung ini bisa dibilang memiliki kicuan yang baik apabila Ia mampu ngekek dengan durasi yang panjang, melakukannya dengan continue, dan yang paling penting kicauan tersebut indah.

Di beberapa event kejuaraan lomba, 3 hal ini menjadi patokan umum untuk menjadi jawara, namun selain 3 patokan ini masih ada faktor penilaian lain dari juri.

lovebird lomba, lomba lovebird

Kriteria Penilaian Lomba untuk Lovbird 
Burung cinta atau lovebird adalah hewan yang mimiliki suara yang indah dan merdu, namun untuk menjadi juara di lomba kicau burung hal itu tidak terlalu menjadi patokan.

Ada beberapa kriteria-kriteria khusus untuk menjadi jawara, nah adapun kriteria tersebut adalah:

1. Irama 
Irama adalah naik turunnya lagu yang dimainkan oleh burung, irama yang dinilai bagus oleh juri adalah irama naik-turun-naik-pelan-keras-kencang-pelan-landai-turun-keras.

2. Lagu 
Lagu yang baik dimainkan oleh burung cinta ini adalah suara ngekek, suara ini adalah ciri khas khusus yang harus digunakan saat lomba. Burung bisa saja memainkan lagu lain, namun harus tetap menggunakan ciri khasnya tersebut.

3. Panjang lagu 
Idealnya mamainkan lagu haruslah panjang, durasi yang ideal untuk seekor burung dalam memainkan lagu adalah 25 detik.

4. Volume 
Kriteria penilaian lomba untuk lovebird selanjutnya adalah volume, hal ini adalah unsur terpenting seekor burung dalam memainkan lagu. Idealnya burung harus memainkan lagu dengan volume keras.

5. Kerapatan lagu 
Kerapatan lagu yang ideal adalah tidak terlalu renggang dan tindak terlalu rapat, dalam memainkan lagu seekor burung haruslah memainkannya dengan ideal.

6. Durasi kerja 
Durasi kerja adalah lamanya waktu burung dalam melantunkan lagu, utamanya burung haruslah memainkan lagu selama 75% dari total seluruh waktu yang disediakan panitia.

7. Durasi bunyi 
Semakin banyak burung berbunyi dan melantunkan lagu maka semakin baik juga penilaiannya. Juri akan menyaring frekuensi suara burung, jadi juri akan mengetahui seberapa sering burung ini dalam memainkan lagu.

Dalam event kejuaraan kicauan burung, hal di atas adalah fokus utama dalam penilaan, adapun isian dan gaya hanyalah faktor penunjang penilaian saja yang nantinya bisa membantu penilaian. Jadi demikian, suara indah burung saja tidaklah terlalu membantu jika dibandingkan dengan kriteria yang diterapkan juri.