Cara Membuat Kandang Burung Nuri yang Ideal

Advertisement
Advertisement
Sebagian besar, burung Nuri berukuran cukup panjang dan berbadan cukup besar untuk ukuran burung kicau. Itulah sebabnya sebagian pencinta burung dan peternakan berpikir untuk menggunakan sangkar tanpa jeruji. Namun sangkar bentuk ini memiliki banyak kelemahan diantaranya adalah, kita harus menggunakan tali atau rantai yang kuat agar burung tidak lepas.

Mengikat burung menggunakan rantai tentu saja akan mendatangkan beberapa efek seperti, rantai dapat melukai kaki burung, dapat menyebabkan burung kesulitan untuk bergerak sehingga tidak aktif dan kesehatannya menurun, atau dapat juga menyebabkan burung tidak bisa bereproduksi.

kandang nuri

1. Kandang ideal burung Nuri
Apabila anda berencana untuk menangkar burung Nuri yang berukuran cukup besar misalnya lebih dari 38 cm, maka anda membutuhkan kandang yang besar agar burung tersebut bisa merasa nyaman.

a. Ukuran
Ukuran kandang ideal untuk burung Nuri apabila akan di ternak untuk dikembangbiakkan adalah, 2 x 3 x 1.5 meter. Ukuran kandang yang besar tersebut dimaksudkan untuk memberikan kenyamanan dan keleluasaan kepada burung dalam bergerak sehingga mereka terhindar dari stres dengan demikian, rasa nyaman yang didapatkan burung akan membuatnya lebih mudah untuk kawin.

b. Bahan
Sebagian besar, burung Nuri apabila sudah mencapai usia 2 tahun atau 3 tahun sudah memiliki naluri untuk bereproduksi. Mengkondisikan kandang sedemikian rupa sehingga nyaman untuk ditempati oleh burung juga merupakan bagian penting dari proses pengembangbiakan.
Bahan terbaik untuk membuat kandang adalah kayu kelapa atau pohon enau.

2. Kebersihan kandang
Perhatian utama juga harus ditujukan pada tingkat kebersihan kandang itu sendiri dan kotor tentunya akan dengan mudah mengundang berbagai bakteri dan penyakit sehingga burung pun kesulitan untuk bereproduksi. Rutin membersihkan kandang serta memberikan desinfektan akan sangat membantu.

3. Penempatan
Burung paruh bengkok dikenal menyukai tempat yang sedikit gelap dan dalam sehingga anda diharuskan untuk mengkondisikan kandang tersebut sedemikian rupa. Tidak seperti burung-burung lainnya yang menyukai kandang dengan sinar matahari yang cukup, kandang untuk burung Nuri sebaiknya dibuat agak gelap.

4. Mempercepat perjodohan
Usia burung yang sudah mencapai 2 tahun atau 3 tahun biasanya secara alami memang membutuhkan pasangan hidup untuk bereproduksi. Namun apabila kondisi kandang tidak mendukung, biasanya burung tersebut juga akan stres dan tidak memiliki libido. Untuk meningkatkan peluang agar burung mau kawin kita harus melakukan:
a. Penyuntikan obat anti stres agar burung bisa menjadi lebih tenang.
b. Memberikan makanan-makanan yang disukai oleh burung tersebut seperti milet, biji bunga matahari, jagung manis, pepaya dan pisang.
c. Hindari pemberian voer terutama voer yang basah. Voer yang basah apabila masih tersisa atau blepotan di sekitar paruh burung dapat mengundang berbagai bakteri sehingga burung lebih mudah sakit.

Demikianlah tips-tips pembuatan kandang nuri yang bisa kami infokan kepada sobat semua, semoga berguna.