Contoh dan Tips Membuat Kandang Burung Cucak Rowo

Advertisement
Advertisement
Pembuatan kandang Cucak Rowo berkaitan erat dengan proses berternak atau pengembangbiakan burung tersebut. Kandang yang baik harus memenuhi beberapa kriteria agar burung ini bisa melakukan reproduksi dengan baik dan agar menghasilkan telur dan anak yang juga dapat diandalkan.

Diantara beberapa faktor yang harus anda pertimbangkan saat membuat kandang Cucak Rowo di antaranya adalah:

kandang cucak rowo

A. Desain kandang
Untuk bisa berhasil membudidayakan burung ini, cobalah membuat kandang dengan ukuran yang besar, sehingga memberikan banyak kebebasan kepada burung dalam berinteraksi dengan lingkungannya. Selain itu kandang yang luas juga akan membuatnya merasa lebih nyaman layaknya berada di alam bebas.

Semakin besar ukuran kandang maka semakin baik. Namun apabila anda tidak memiliki tempat yang cukup luas, dengan kata lain, anda hanya memiliki lahan yang terbatas, anda bisa mencoba mendesain ukuran kandang dengan Panjang 1 meter dan Lebar 1 meter kemudian Tingginya bisa 2 meter atau 1.8 m.

B. Perlengkapan di Dalam Kandang
Anda bisa memanfaatkan batu-bata atau batako sebagai tembok kiri, kanan, dan belakang. Selain itu, jika anda ingin membuat kandang bersekat anda bisa memanfaatkan triplek.

Diantara beberapa perlengkapan yang harus anda penuhi di dalam kandang antara lain:

a. Tenggeran
Sediakan kayu yang memiliki banyak ranting untuk digunakan sebagai tempat bertengger burung.

b. Sarang
Jangan lupa juga untuk menempatkan sarang yang sebaiknya bebas dari serangan semut. Sarang tersebut bisa anda buat sendiri dengan menggunakan anyaman bambu yang kemudian diberikan sarang, atau anda juga bisa membelinya di toko burung. Sarang sebaiknya berada ditempat yang tinggi.

c. Tempat Mandi
Sediakan juga keramba atau kolam kecil tempat mandi burung. Anda bisa membuatnya menggunakan bak atau membuat kolam dengan semen.

d. Lantai
Bagian lantai, sebaiknya menggunakan pasir atau dicampur dengan kerikil agar bisa menyerap air maupun tahi burung sehingga kandang tidak lembab dan tidak mengundang banyak penyakit.

e. Pintu Kandang
Di bagian depan kandang, Anda bisa menggunakan kawat ram yang dikombinasikan dengan kayu atau besi untuk pembuatan pintunya. Ukurannya jangan terlalu besar, cobalah membuatnya seukuran setengah tubuh anda.

C. Lokasi kandang
Faktor penentu keberhasilan dalam budidaya burung Cucak Rawa adalah pemilihan lokasi kandang yang seharusnya berada di tempat tenang, bebas dari pemangsa dan tidak berlokasi di tempat yang terlalu berisik seperti di pinggir jalan dan dekat dengan suara-suara konstant seperti mesin cuci atau mesin pompa air.

Jika burung sering terganggu, biasanya bisa stres. Sehingga alangkah bijaknya apabila anda memilih tempat yang sedikit tertutup.

Kandang yang baik harus berkonsep alami. Terutama, perhatikan sinar matahari yang seharusnya bisa masuk ke dalam kandang. Karena apabila tidak ada matahari, kesehatan burung di dalam kandang bisa terganggu.

Selain itu sirkulasi udara juga harus diperhatikan, buatlah kandang seterbuka mungkin agar udara tidak berubah pengap.

D. Tempat Makan dan Tempat Minum
Untuk tempat makan burung, bisa digantung di dekat pintu yang lokasinya mudah dijangkau oleh anda maupun burung. Misalnya dekat dari tangkringan. Selain memberikan anda keleluasaan ketika menggantinya, lokasi penempatan tempat makanan dan minuman juga berpengaruh agar burung tidak terlalu banyak terganggu saat anda melakukan pergantian air dan makanan. Terlebih pada saat reproduksi dan proses pengeraman telur.

Sekian sedikit penjelasan yang dapat kami update pada postingan kali ini, semoga tips kali ini menambah informasi buat sobat sekalia, (baca juga: harga cucak rowo)