Tips Pembuatan Tempat dan Kandang Yang Nyaman Untuk Burung Cipoh

Advertisement
Advertisement
Bagi anda yang ingin beternak burung, tentu urusan kandang tidak boleh dilupakan. Dan sering kali, kandang harus menjadi prioritas utama jika ingin menghasilkan burung berkualitas dan memiliki produktivitas yang bagus.

kandang cipoh

Untuk Burung Cipoh, yaitu burung yang berukuran cukup kecil, biasanya panjang tubuhnya maksimal hanya 14 cm pada saat dewasa. Tentu juga tidak membutuhkan kandang yang terlalu besar. Banyak peternak yang menggunakan kandang besar untuk ombyokan atau untuk menampung banyak burung di dalam satu tempat.

Metode ini memang menguntungkan dan hemat namun kerugiannya, biasanya pembeli akan kesulitan untuk menentukan berbagai tingkah laku burung serta kebiasaan-kebiasaan burung tersebut. Sehingga, membuat kandang bersekat yang memisahkan setiap burung sebenarnya lebih menarik dan bisa membuat pembeli lebih mudah dalam memilih burung yang diinginkannya.

Pembuatan Kandang Cipoh
Kandang Cipoh bisa dibuat dengan bentuk sederhana layaknya sangkar. Di bagian depan, anda bisa menggunakan jeruji dari kayu atau bambu kemudian di bagian sampingnya bisa menggunakan sekat triplek. Untuk alasnya anda bisa menggunakan triplek yang mudah dibersihkan layaknya laci. Atau anda juga bisa menggunakan karpet plastik.

Ukuran kandang bisa dibuat 40 cm x 40 cm x 60 cm. Dan di dalam kandang jangan lupa untuk memberikan tempat nangkring, cepuk tempat makan dan tempat minum, serta sarang tempat bertelur.

Namun apabila anda berencana untuk membuat kandang berukuran besar atau untuk ombyokan, anda bisa memanfaatkan kawat ram dan menyediakan beberapa sarang. Untuk 4 pasang burung Cipoh, bisa diletakkan di dalam kandang berukuran 70 cm x 70 cm x 70 cm.

Mungkin anda tertarik untuk mebaca artikel lainnya tentang "suara cipoh".