Berbagai Macam Jenis Burung Cucak Rowo (CucakRawa) di Indonesia Lengkap

Advertisement
Advertisement
Jenis Cucak Rowo ada banyak dan tersebar diberbagai negara seperti negara-negara Asia Tenggara termasuk juga Indonesia. Di Indonesia sendiri, Cucakrowo memiliki beberapa istilah. Seperti, orang Sunda menyebut burung ini Cangkurawah. Sedangkan dalam bahasa melayu disebut Barau-barau.
Dalam istilah asing, Cucakrawa disebut Straw Head Bulbul dan nama latinnya adalah Pycnonotus Zeylanicus.

jenis cucak rowo

Jenis Cucak Rawa di Indonesia
Penyebaran burung Cucak Rawa di Indonesia mulai dari Pulau Sulawesi khususnya Sulawesi Selatan kemudian di Nusa Tenggara banyak terdapat di pulau Lombok, selanjutnya Kalimantan, dan juga di Sumatera.

Beberapa orang mengkategorikan burung ini berdasarkan asalnya seperti burung Cucak Rawa Kalimantan, burung Cucak Rawa Medan, dan lain-lain. Walau demikian, secara spesies burung berasal dari Brinji Emas (Alophoixus Affinis) yang ditemukan dibeberapa pulau Sulawesi dan Maluku. Kemudian pada perkembangan selanjutnya, burung Cucak kembali menghasilkan subspesies yang disebut Cucak Rowo, Cucak Kuning, Cucak Kutilang, Cucak Gunung, Merbah Cerukcuk, Merbah Belukar, dan Empuloh Janggut.

Pengkategorian Berdasarkan Asal

A. Cucak Rawa Kalimantan
Dalam dunia burung kicau, Cucakrawa Kalimantan tidak begitu diminati karena beberapa kelemahannya seperti, suaranya yang tidak terlalu keras dan tidak terlalu memiliki banyak variasi, kualitas bulu yang tidak sebaik burung dari daerah lain, serta ukuran tubuhnya yang lebih kecil.

B. Cucak Rawa Aceh dan Medan
Di Pulau Sumatera, khusnya Provinsi Aceh juga terdapat burung Cucakrawa yang juga dikenal dengan sebutan burung Cucak Rawa Aceh. Baik Cucak Rawa yang berasal dari Aceh maupun Medan memiliki kualitas yang hampir sama sehingga sedikit sulit untuk membedakannya.

C. Cucak Rawa Jambi dan Riau
Selain dari Aceh dan Medan, burung ini juga terdapat di Jambi dan Riau memiliki beberapa ciri-ciri, diantaranya adalah, postur yang lebih pendek, kualitas suara masih di bawah Cucakrawa Lampung.

D. Cucak Rawa Lampung
Bagi penggemar burung, Cucakrawa Lampung sudah sangat terkenal sebagai salah satu jenis yang paling diminati karena memiliki suara yang bagus, bulu yang rapi dan mengkilat, serta sering dijadikan sebagai indukan untuk dikembangbiakkan.

E. Cucak Rowo Papua
Burung jenis ini yang berasal dari Papua sangat sedikit jumlahnya. Selain karena tempatnya yang sangat jauh, peternak juga jarang yang memilikinya. Perawakan Cucak dari Papua sedikit lebih kecil dari perawakan cucak pada umumnya.

Ciri-ciri
Walaupun tidak memiliki banyak perbedaan, namun burung burung Cucak Rawa yang ada di berbagai daerah di Indonesia memiliki beberapa ciri-ciri tertentu yang dijadikan sebagai patokan umum. Diantaranya adalah:

1. Cucak Rawa Medan
Memiliki tubuh yang berukuran besar, padat dan berisi. Pada umumnya burung ini tampak sangat terawat, memiliki warna bulu hijau keabu-abuan dan terkadang sedikit gelap atau berwarna coklat.

2. Cucakrawa Aceh
Perbedaan paling mendasar dan paling mencolok antara Cucakrawa Medan dan Cucakrawa Aceh adalah bulunya. Cucak Rawa Aceh memiliki warna bulu kehijau-hijauan yang tidak terlalu kuat layaknya Cucakrowo yang berasal dari Medan sebaliknya.

3. Cucak Rowo Lampung
Ukuran tubuh Cucak Rowo Lampung sedikit lebih kecil dibandingkan dengan Cucak Rowo Medan maupun Cucakrawa Aceh. Fisik burung yang berasal dari Lampung terkenal kekar dan memiliki tulang sayap yang kokoh. Memiliki suara yang baik dan nyaring serta jernih mengkristal. Bulunya juga licin mengkilat.

4. Cucak Rowo Sumatra Selatan, Jambi dan Riau
Ciri-ciri paling mudah untuk mengenali Cucakrowo yang berasal dari Sumatera Selatan termasuk Jambi dan Riau, adalah bagian dadanya yang tidak terlalu bidang.

5. Cucak Rawa Kalimantan
Warna bulu yang kehijau-hijauan tidak tampak mencolok, atau bisa dikatakan sedikit pudar pada Cucak Rawa Kalimantan, tidak seperti Cucak Rawa yang berasal dari Sumatera yang terkenal dengan bulu dan suaranya yang bagus serta nyaring. Begitu juga dengan ukuran tubuhnya, juga sedikit lebih kecil dibandingkan dengan yang berasal dari Sumatera.

Habitat Cucak Rawa
Burung cucakrawa seperti namanya menyukai tempat-tempat seperti kebun, rawa-rawa dan tepi hutan dan pinggir sungai. Burung ini makan dari berbagai jenis serangga kecil seperti belalang, jangkrik, dan menyukai buah-buahan seperti pepaya, apel dan tomat.