Beragam Jenis Burung Cipoh Yang Populer Dan Patut Anda Ketahui

Advertisement
Advertisement
Burung Sirtu, atau Sirpu, atau Cipoh banyak ditemukan di Asia Tenggara seperti Indonesia dan Malaysia. Selain itu burung ini juga tersebar di beberapa negara lain termasuk India dan Cina. Burung ini kini semakin digemari oleh kicaumania dalam negeri, meskipun kepopulerannya masih dibawah burung murai batu dan lovebird.

gambar cipoh

Burung cipoh memiliki suara yang berkarakter, maka tak heran bila banyak yang mengoleksi suara kicauannya untuk memaster burung kicau lainnya (simak: suara cipoh). Setiap jenis cipoh masing-masing memiliki kelebihan, baik dari segi suara maupun fisik.Terdapat setidaknya 4 jenis Burung Cipoh yang dikenal selama ini. Dan dua diantaranya berada di Indonesia.

Jenis Burung Cipoh
Dari keempat jenis burung cipo tersebut diantaranya adalah,
1. Burung Cipoh Kacat (aegithina tiphia)
2. Burung Cipoh Jantung (aegithina viridissima)
3. Burung Cipoh Besar (aegithina iafresnayei)
4. Burung Cipoh Ekor Putih (aegithina nigrolutea)

1. Cipoh Kacat
cipoh kacat
Habitat burung ini adalah alam terbuka dan perkebunan walaupun sering juga dijumpai di semak-semak beserta di pinggir pantai. Terkadang juga ditemukan di pegunungan sehingga banyak orang yang menyebutnya dengan Cipoh Gunung.

Selain di Indonesia, burung ini juga ditemukan di negara lain seperti, Filipina dan Malaysia.
Makanan yang disukainya diantaranya adalah, telur serangga, serangga, dan biji-bijian.
Ciri-ciri burung ini diantaranya adalah, berukuran sekitar 14 cm pada saat dewasa, memiliki bulu berwarna kuning kehijau-hijauan dengan variasi warna hitam dan putih di bagian sayap. Paruh burung ini berwarna hitam dan abu-abu. Kemudian bagian kaki berwarna abu-abu gelap.

2. Cipoh Jantung
cipoh jantung
Burung ini cukup populer di negara Malaysia dan Indonesia. Namun, di Indonesia Burung Cipoh Jantung tidak banyak ditemukan di Pulau Jawa dan Pulau Bali. Jenis yang satu ini lebih banyak ditemukan di Kalimantan dan Sumatera.
Soal habitat dan tempat tinggal, burung ini tidak jauh berbeda dengan burung Cipok Kacat yang banyak menghabiskan waktunya di dahan-dahan pohon yang tidak terlalu tinggi serta mencari makan di semak-semak.

Ciri-ciri Burung Cipoh Jantung diantaranya adalah, ukuran tubuhnya pada saat dewasa lebih kecil dibandingkan dengan Cipoh Kacat. Panjang maksimal tubuh burung ini sekitar 13 cm. Warna bulu juga tidak jauh berbeda dengan Burung Cipoh Kacat. Hanya saja, jika kita perhatikan lebih dekat, burung ini memiliki warna bulu yang lebih gelap, di bagian mata, terdapat alis berwarna kuning dan ekornya berwarna hitam.

3. Cipoh Besar
cipoh besar
Dominasi warna kuning pada burung ini lebih mencolok dibandingkan dengan dua burung sebelumnya. Cipoh Besar banyak ditemukan di Malaysia, Laos, Cina, Kamboja, Vietnam dan Thailand.

Warna bulu kuning terang dominan di bagian bawah paruh, leher, perut dan dada hingga ke bawah ekor. Sedangkan di bagian atas kepala, tengkuk dan sayap burung ini didominasi dengan warna hijau zaitun.

4. Cipoh Ekor Putih
cipoh ekor putih
Sesuai dengan namanya, burung ini memiliki ciri-ciri yang hampir sama dengan Burung Cipoh lainnya. Warna bulunya kuning kehijau-hijauan atau berwarna seperti hijau zaitun dengan sayap hitam putih. Namun yang membedakannya dengan burung lain adalah bagian ekornya yang banyak di dominasi warna putih walaupun terdapat warna hitam. Warna bulunya lebih merata mulai dari kepala, punggung dada dan di bagian perut. Tidak ada warna mencolok seperti Burung Cipow Besar.

Demikianlah pembahasan kali ini tentang jenis cipoh, semoga penjelasan dari kami bisa bermanfaat buat sobat penggemar burung cipoh.