Langsung ke konten utama

Serba-Serbi Seputar Penyebutan Istilah Jalak Uren, Beserta Tips Perawatannya Lengkap

Burung Jalak Uren dan burung Jalak Suren sebenarnya dimaksudkan untuk jenis burung yang sama. Burung Jalak Uren adalah istilah untuk burung Jalak Suren dari daerah Jawa. Sedangkan burung Jalak Suren kebanyakan dimaksudkan untuk burung Jalak Suren yang berasal dari Malaysia dan Kalimantan. Dengan kata lain, Jalak Uren atau Jalak Suren adalah burung kicau yang umumnya disebut dengan sitilah starling atau Pied Myna.

Burung ini banyak ditemukan di Benua India dan Asia Tenggara. Biasanya mereka hidup berkelompok di kaki bukit dan dataran rendah. Burung ini juga tidak takut untuk datang ke permukiman seperti ke desa-desa atau perkampungan.

jalak uren

A. Ciri-ciri Jalak Uren
Burung ini ditandai dengan warna hitam dan warna putih di bagian tubuhnya serta warna gading atau kekuningan serta sedikit warna merah di bagian paruh, mata dan kakinya. Warna merah dapat kita saksikan terutama di area mata yang tidak berbulu. Sedangkan tubuh bagian atas, tenggorokan, dan dada serta pipi biasanya berwarna hitam. Warna putih bisa kita temukan mulai dari dada, perut dan sebagian dari sayapnya. Selain itu, bagian pipi atau di bawah telinga sering kali berwarna putih.

B. Habitat Jalak Uren
Spesies ini banyak ditemukan di dataran rendah dan perbukitan yang tidak lebih dari 700 meter diatas permukaan laut. Penyebaran burung ini mulai dari India, Pakistan hingga ke Pulau Sumatera di Indonesia.

Mereka biasanya menyukai tempat-tempat terbuka dengan pohon-pohon yang tidak jauh dari sumber air serta dekat dengan tempat tinggal manusia. Itulah sebabnya mengapa burung ini juga sering ditemukan di peternakan dan di ladang.

Burung ini sering mencari makan di atas tanah serta sering juga bertengger di pohon dan bangunan. Selain mencari makan di atas tanah, burung ini juga sering ditemukan mencari makan di ladang dan di rerumputan. Makanan yang mereka sukai diantaranya adalah biji-bijian, buah, serangga, cacing tanah dan mollusca.

C. Merawat Jalak Uren
Jika anda ingin memelihara Jalak Uren, anda harus menyediakan sangkar yang berukuran besar. Burung ini menyukai makanan berupa binatang-binatang kecil seperti jangkrik dan buah-buahan seperti buah pepaya maupun buah pisang. Selain makanan yang telah disebutkan sebelumnya, cacing, kroto, kupu-kupu dan beberapa serangga dan juga bisa menjadi makanan burung ini.

Namun untuk memudahkan, biasanya para peternak burung Jalak Uren menggunakan voer sebagai makanan utamanya. Setiap hari burung harus dimandikan. Baik dengan metode keramba maupun dengan semprot hingga basah kuyup.

Pemberian makanan berupa jangkrik, kroto, buah-buahan tidak terlalu sering. Biasanya pemberian makanan extra (EF) tersebut dilakukan tiga atau empat kali dalam seminggu.

D. Master Jalak Uren
Seperti burung kicau lainnya, burung ini adalah burung yang suka bernyanyi. Apabila kita perhatikan di alam liar dimana biasanya mereka hidup berkelompok, burung ini terkenal sangat ramai saat terutama saat mencari makan atau saat hendak beristirahat. Jalak Uren memiliki kecerdasan tersendiri yang memudahkannya mengingat dan meniru suara suara burung atau suara binatang-binatang lain.

Untuk bisa memberikan isian yang baik kepada Jalak Suren anda diharuskan memperdengarkan suara master pada saat burung tersebut terutama pada malam hari hingga pagi hari. Karena apabila dilakukan saat burung aktif di siang hari, biasanya burung ini akan menanggapi atau meladeni suara masteran sehingga terasa sulit untuk membuatnya berkonsentrasi.

Pos populer dari blog ini

Download Suara Kicau Burung Murai Batu Mp3 Durasi Panjang

Suara murai batu memang istimewa, maka tak heran bila sobat kicaumania berburu suara kicauannya, entah sebagai koleksi yang sekedar untuk didengarkan sendiri di rumah, atau dipakai sebagai bahan untuk mastering burung kicau. Murai batu termasuk dalam jajaran burung kicau kelas premium di Indonesia.

Murai batu merupakan salah satu jenis burung yang paling digemari kicaumania hingga saat ini, sehingga pantas saja bila burung ini menjadi burung primadona di negeri ini. Murai batu juga memiliki banyak keunggulan, selain dari segi suara sangat bagus juga dari segi tampilan fisik yang elegan. Ini yang menjadikannya terlihat sangat memukau, dan menjadikan burung ini cukup laris di pasaran. Murai batu kini sangat populer di kawasan asia, mulai dari India, Thailand, Singapura, Malaysia, dan termasuk juga Indonesia.

Murai batu ada berbagai macam jenis,  dan jenis murai batu yang paling populer diantaranya adalah murai batu medan, murai batu nias, murai batu lampung, murai batu aceh, dan murai b…

Cara Ternak Burung Lovebird Untuk Pemula Lengkap

Ternak lovebird menjadi salah satu usaha yang sangat menjanjikan, mengingat banyaknya peminat burung ini di pasaran. Selain itu, lovebird juga menjadi salah satu burung primadona yang sangat populer di negeri ini. Bagi sobat yang berminat untuk memulai usaha budidaya ternak burung kicau, maka ada banyak burung yang bisa dijadikan opsi untuk beternak, mulai dari burung kenari, lovebird, kacer, murai batu, dan lain sebagainya. Sobat harus tahu, terlebih harus peka mengenai burung apakah yang saat ini sedang trend dan dicari banyak orang?


Kami akan mencoba memberikan salah satu result untuk sobat, yaitu burung lovebird. Nah, burung lovebird akhir-akhir ini menjadi burung yang peminatnya terus bertambah, karena tidak hanya di kota-kota besar saja yang tertarik untuk memelihara burung ini, di perdesaan pun mulai banyak yang bermiant untuk memilikinya, bahkan sampai berminat untuk mengembangkannya.

Ternak lovebird bisa dibilang susah-susah gampang, tetapi bila sudah cukup pengalaman, maka ak…

Harga Burung Lovebird Terbaru Mei 2017

Harga lovebird mungkin sedang anda cari saat ini? maka akan kami share, dan teruslah ikuti pembahasannya berikut ini. Burung lovebird atau yang umum dikenal dengan singkatan LB ini merupakan jenis burung kicau yang memiliki warna yang beragam, ada merah, biru, hijau, kuning, dan lain sebaginya. Bulu yang indah, paruhnya yang unik, serta matanya yang bulat tajam menjadikan ciri khas dari burung satu ini. Di Indonesia pecinta burung LB sangat banyak sekali, dan jenis burung ini termasuk jenis burung yang juga menjadi incaran para kicau mania.


Paruhnya yang bengkok menukik kie bawah memang menjadi daya tarik bagi penggemarnya, jadi wajar bila burung lovebird di tahun ini masuk papan teratas yang ramai di pasaran, selain kenari dan murai batu. Di tahun 2013 yang lalu harga burung lovebird katanya menurun, dan di tahun 2014 mulai naik tajam, hingga di tahun 2015 ini burung lovebird harganya lumayan. Namun, setiap jenis lovebird harganya berbeda, tentu bagi sobat pecinta burung lovebird yan…