Ketahui Tips Agar Burung Cucak Rowo Ropel

Advertisement
Advertisement
Cucak Rawa atau ditulis juga dengan Cucak Rowo adalah burung yang tersebar di beberapa pulau di Indonesia seperti Pulau Kalimantan, Sumatera dan beberapa pulau lain termasuk Nusa Tenggara. Burung ini memiliki ciri khas suara yang sangat merdu sedikit cempreng. Bisa diisi dengan berbagai master sehingga banyak yang mengidolakannya serta menjadikannya sebagai burung peliharaan atau burung lomba.

Di pasaran, harga burung Cucak Rowo sangat bervariasi dan tergolong mahal, setidaknya untuk anakan harganya bisa hingga Rp 4 jutaan. Harga yang fantastis tersebut tentunya tidak lepas dari kualitas burung. Baik itu suara, bulu dan kemampuannya dalam berkicau.

cucak rowo ropel

Cucak Rowo Ropel
Berbicara mengenai kicauan burung, ada saja istilah yang diberikan untuk burung-burung kicau mulai dari ngerol, ngeriwik, gacor, dan juga ada yang mengistilahkan burung Cucak Rowo ropel. Istilah-istilah tersebut terkadang diambil dari bahasa asing atau diserap dari bahasa lokal. Untuk istilah Cucak Rowo ropel, adalah istilah untuk menggambarkan bahwa burung tersebut bisa mengeluarkan suara seri alias kicauan beruntun.

Agar Cucak Rowo Ropel
Untuk memiliki suara burung Cucak Rowo yang ropel atau bisa mengeluarkan suara seri, kita tentunya dituntut untuk memberikan perawatan maksimal serta perawatan khusus dengan mastering tertentu.

Bagi anda yang tertarik untuk memiliki dan memelihara burung terutama Cucak Rowo agar suaranya bisa ngeropel, ada beberapa kiat yang bisa anda ikuti diantaranya adalah,

1. Mastering
a. Mengisi suara burung dengan suara master yang berasal dari audio atau Mp3, atau CD merupakan kunci agar burung bisa ropel.
b. Anda bisa men-download sendiri beberapa audio yang memiliki variasi ropel dan cocok untuk jenis Cucak Rowo.
c. Perdengarkan audio tersebut disiang hari maupun pada malam hari agar memori burung bisa mengingat suara dan terus berlatih.
d. Proses pemasteran bisa memakan waktu berbulan-bulan dan dilakukan selama 7 hingga 8 jam dalam sehari. Proses panjang tersebut tentunya harus dijaga dengan memelihara stamina dan merawat burung tersebut dengan baik. Berikan suplemen dan multivitamin OrBird untuk meningkatkan performa burung, meningkatkan imunitas, dan menjadikan burung semakin gacor.

2. Faktor Keturunan
Selain bisa dilatih, ternyata faktor keturunan juga memainkan peranan penting dalam kemampuan burung melagukan suara. Apabila burung tersebut berasal dari indukan yang memang memiliki suara ropel, maka kemungkinan besar keturunannya pun akan memiliki kemampuan yang sama.

Dengan demikian, proses mastering akan lebih mudah karena kemampuan memory burung juga sangat tergantung dari kecerdasan yang dibawanya. Burung yang cerdas cenderung bisa diisi dengan berbagai master.