Burung Cucak Rowo Papua

Advertisement
Advertisement
Pengkategorian burung Cucak Rowo berdasarkan asalnya memang menjadi salah satu patokan dalam membedakan burung cucak rawa di Indonesia. Burung jenis ini yang berasal dari Irian Jaya disebut Cucak Rowo Papua.

Begitu juga dengan yang berasal dari Kalimantan dan Sumatera akan disebut dengan mengikutsertakan nama daerahnya seperti burung Cucak Rowo Kalimantan, burung Cucak Rowo Lampung, burung Cucak Rowo Medan, dan lain-lain.

cucak rowo papua

Walaupun memiliki ciri-ciri fisik yang tidak jauh berbeda satu dengan yang lainnya, namun kondisi alam dan lingkungan tentu saja berpengaruh terhadap evolusi burung tersebut sehingga memunculkan beberapa perbedaan unik dari burung-burung yang ada di setiap daerah.

Burung Cucak Rowo Papua
Burung Cucak Rowo yang berasal dari Papua ada yang dihargai dengan sangat mahal karena tergolong langka, dan ada juga yang harganya murah karena kualitasnya yang kalah dibanding dengan burung sejenis dari daerah lain.

Burung yang berasal dari Irian ini memiliki corak warna yang tidak terlalu bagus dan cenderung terlihat sedikit kusam. Begitu juga dengan perawakannya, ada beberapa Cucak Rowo yang memiliki perawakan tidak terlalu besar apabila dibandingkan dengan burung yang berasal dari Kalimantan maupun dari Sumatera.

Sebagai salah satu burung langka yang dilindungi, Burung Cucakrawa yang berasal dari Papua memang tidak banyak penyebarannya. Baik itu di peternak maupun di pencinta burung.

Sedikitnya jumlah peternak yang memelihara burung Cucak Rowo Papua menyebabkan informasi mengenai burung ini sedikit langka dan sulit didapatkan. Termasuk juga identitas dan ciri-ciri burung tersebut.