Cara Ampuh Agar Burung Cucak Rowo Gacor

Advertisement
Advertisement
Agar Cucak Rowo bisa nggacor atau rajin berkicau, ada beberapa tips dan kiat yang harus Anda ikuti. Burung kicau yang tidak gacor tentu saja tidak menarik dan tidak bisa diandalkan dalam lomba-lomba.

Melihat harga burung ini yang cukup mahal dan terkenal sebagai salah satu burung kicau yang istimewa serta banyak diminati, tentu sayang apabila burung tersebut tidak dirawat dan tidak dibuat gacor (baca juga: harga cucak rowo). Diantara beberapa tips yang bisa Anda ikuti agar burung ini bisa gacor dan ropel adalah.

cucak rowo gacor

A. Mencari Gen yang Baik
Yang perlu Anda perhatikan agar burung Cucak Rowo gacor, pertama, Anda harus memiliki burung yang gen-nya bagus, terutama burung yang berasal dari indukan sempurna. Mulai dari yang rajin berkicau atau nggacor, memiliki suara ropel dan tidak cacat secara fisik. Walaupun tidak berpengaruh terlalu besar, namun faktor keturunan juga harus tetap dipertimbangkan.

B. Perhatikan Makanan yang Diberikan
Makanan merupakan salah satu faktor pendukung yang bisa membuat burung Cucak Rowo ropel. Beberapa makanan seperti buah-buahan dan kombinasi serangga akan membuat burung tersebut senang, sehat, dan rajin berkicau.

Pemberian makan bisa dikombinasikan misalnya, berikan pisang atau buah yang lain setiap siang hari. Selanjutnya extra food (EF) yang berupa binatang-binatang kecil seperti jangkrik maupun kroto harus diberikan setiap pagi dan sore hari terutama setelah dimandikan.

Pemberian jangkrik bisa hingga 5 ekor setiap kali makan dan kroto bisa diberikan setiap dua hari sekali dengan porsi yang tidak terlalu banyak, misalnya satu sendok makan saja.

Selain makanan utama, dan makanan ekstra seperti buah-buahan dan serangga, Anda juga jangan lupa memberikan vitamin atau multivitamin untuk menunjang kesehatan burung tersebut.

C. Perawatan Setiap Hari
Merawat burung agar tidak stres membutuhkan ketelatenan dan kesabaran serta harus dilakukan secara kontinyu. Mulai dari mengangin-anginkan burung di pagi hari, kemudian memandikan, membersihkan kandangnya serta penjemuran harus dilakukan secara rutin.
Saat menjemur burung, sebaiknya tidak lebih dari 2 jam dan dilakukan pada pagi hari antara pukul 8.00-10.00. Perawatan ini dimaksudkan agar burung tetap sehat dan terjaga kebersihannya.

D. Mastering
Kunci sukses lainnya agar Cucak Rowo gacor adalah mastering yang bisa dilakukan 7 hingga 8 jam dalam sehari. Dimulai setelah perawatan di pagi hari, Anda bisa mengkrodong burung tersebut kemudian memperdengarkan master yang berasal dari audio. Entah itu MP3 maupun dari CD sesuai dengan karakter dan isian yang Anda inginkan.

Tidak hanya pada siang hari, me-master burung juga bisa dilakukan pada malam hari agar burung lebih sering mendengar kicauan sehingga memorinya pun kan merekam dengan baik.

Agar kondisi selalu fit dan bisa tampil prima, maka berikan vitamin tambahan. Berikan OrBird yang kaya akan kandungan vitamin kompleks yang bagus untuk dikonsumsi burung.

E. Lingkungan
Dalam melatih burung untuk bisa gacor, sebaiknya Anda menempatkannya ditempat yang tenang, bebas dari suara-suara bising termasuk pompa air, mesin cuci, jauh dari televisi maupun orang yang berlalu-lalang. Termasuk juga suara kendaraan.

F. Memilih Master yang Tepat
Pemilihan master yang tepat juga turut berkontribusi membuat Cucak Rowo menjadi gacor. Diantara beberapa suara yang cocok dengan jenis kicauan burung Cucak Rowo adalah burung Trucukan. Selain itu, burung ini cocok apabila diisi dengan suara Kepodang serta suara Cucak Rawis.