Apa Ciri-Ciri Burung Jalak Kebo Jantan

Advertisement
Advertisement
Jalak Kebo atau yang biasa dikenal dengan Jalak Kerbau atau Jalak Hitam atau Jalak Penyu dan sebutan-sebutan lain merupakan burung yang tidak terlalu sulit ditemukan, serta berharga cukup murah. Di pasaran, anak burung ini bisa dihargai sekitar Rp. 75.000 hingga Rp. 125.000. Sedangkan burung yang sudah mulai berkicau dan sudah memasuki usia remaja biasanya dihargai hingga Rp. 300.000.

Bagi anda yang berencana untuk membeli burung Jalak Kebo baik jantan maupun betina, biasanya anda membutuhkan keahlian khusus untuk menentukan atau memilih burung dengan jenis kelamin tertentu.

jalak kebo jantan

Ciri Jalak Kebo Jantan
Keahlian ini diperlukan terutama apabila anda akan membeli burung dari breeder atau penangkar yang biasanya meletakkan burung dalam satu kandang dalam jumlah yang banyak atau biasa disebut ombyokan.

Bagi anda yang membeli burung kepada orang yang sudah mengetahui dan memisahkan antara Jalak Kebo jantan dan betina tentunya tidak banyak membutuhkan pengetahuan tentang cara membedakan antara burung Jalak jantan dan betina.

Cara Membedakan Jalak Kebo Jantan dan Betina

Berikut adalah ciri Jalak Kebo jantan.
1. Burung jantan biasanya memiliki kloaka yang sedikit menonjol apa bila diraba. Menonjol dalam arti mengkrucut dan biasanya bulu-bulu di bagian tersebut lebih sedikit dibandingkan dengan burung betina. Kloaka burung betina terkesan datar dan lebih bulat serta bulu-bulunya lebih tebal.
2. Beberapa ciri-ciri fisik lain yang membedakan antara burung jantan dan betina diantaranya adalah, Pejantan memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dan lebih panjang dibandingkan dengan burung betina.
3. Selain dilihat dari ukuran tubuh, biasanya bentuk kepala juga bisa menjadi patokan. Pada burung Jalak Kebo jantan bentuk kepalanya sedikit kotak berbeda dengan burung betina yang lebih bulat.
4. Burung jantan memiliki paruh yang lebih panjang, terlihat lebih kokoh dan tebal. Sebaliknya, burung betina memiliki paruh yang tipis dan pendek.
5. Burung jantan memiliki ekor yang lebih tertutup dibandingkan dengan burung betina yang biasanya memiliki ekor mekar layaknya kipas.
6. Pada umumnya burung jantan lebih aktif, rajin bersuara untuk menarik perhatian burung betina. Sebaliknya, burung betina terkesan lebih pasif dan hanya sesekali bersuara. Jika kedua burung, jantan maupun betina sama-sama nggacor atau rajin berkicau, anda bisa membedakannya dari lengkingan suara kicauan. Biasanya burung betina memiliki kicauan yang lebih dalam.