Ciri-Ciri Lovebird yang Siap Ikut Lomba

Advertisement
Advertisement
Lovebird semakin hari semakin banyak saja penggemarnya, banyak masyarakat yang mulai memelihara burung ini. Alasan mereka beraneka ragam, dari mulai untuk masteran burung, untuk breeding, dan untuk diikutkan lomba. Selain itu, banyak dari mereka yang juga memilihara burung ini untuk dipelihara dan dijual jika Ia besar, menurut mereka banyak masyarakat yang membeli burung ini dalam keadaan sudah siap ikut lomba.

Sebenarnya tidak masalah sih membeli burung dengan keadaan seperti itu karena banyak juga kalangan masyarakat yang melakukannya, namun tidak sedikit juga mereka yang membeli burung ini dari Ia bayi dan merawatnya sampai tumbuh dewasa dan siap ikut lomba.

lovebird siap lomba

Berbicara mengenai membeli burung, tahukah Anda kapan burung Anda memiliki kesiapan untuk ikut lomba? Apa saat Ia sudah besar dan berumur 5 bulan, atau saat Ia sudah mulai bisa ngekek? Sebenanua Anda bisa mengikut sertakan burung kapan dan berapa pun usia burung Anda, namun alangkah baiknya jika Anda mengetahui ciri-ciri lovebird yang siap ikut lomba bukan?

Ciri-Ciri Lovebird yang Siap Tanding Kontes
Biasanya untuk satwa yang siap dipertandingkan akan memiliki ciri-ciri khusus, ciri-ciri tersebut bisa berupa umur yang sudah matang, birahi yang sedang naik, atau beberapa ciri-ciri lainnya. Semua hewan memiliki ciri-ciri yang tidak jauh berbeda satu sama lain, tidak terkecuali dengan jenis unggas atau burung seperti,kenari, murai batu, atau beberapa jenis burung lainnya.

Adapun ciri-ciri untuk lovebird yang siap tanding adalah sebagi berikut:
1. Usia yang sudah matang 
Seeokor burung yang siap diikutsertakan lomba biasanya memiliki usia yang matang, usia tersebut bisa berkisar antara 5 sampai 6 bulan. Akan tetapi jika Anda ingin burung yang lebih matang dan siap tanding, Anda bisa mengikutkan burung Anda jika usiannya sudah mencapai 6 bulan. Karena dengan usia yang sudah matang seperti itu burung akan lebih setabil dan mudah untuk diarahkan.

2. Kondisi kesehatan yang baik 
Burung yang siap tampil adalah burung yang memiliki kondisi kesehatan yang baik, Ia akan memberikan penampilan terbaiknya saat kondisi tubuhnya sedang sehat. Maka dari itu sebelum diikutkan ke lomba sebaiknya Anda atur pola makan burung agar tetap sehat dan bugar.

3. Kondisi birahi yang stabil 
Kondisi birahi lovebird sangat mempengaruhi performanya saat tampil, Ia akan tampil baik saat memiliki kondisi birahi yang setabil dan bagus. Namun saat over birahi Ia akan cenderung lebih fokus ke lawan jenis dan tidak tenang, hal ini akan mempengaruhi penilaan saat lomba.

4. Rajin bunyi 
Saat siap ikut lomba burung ini akan rajin berkicau dan berbunyi, Ia akan mengeluarkan suara ngekek yang panjang dan setabil. Selain itu saat Ia ngekek, Ia akan cenderung tenang dan berdiam di tangkringan saat ngekek.

5. Lovebird latah 
Burung ini akan dibilang siap ikut lomba saat Ia latah jika dipancing untuk bunyi, saat Anda memberikan sedikit pancingan bunyi maka Ia akan langsung bersuara dan ngekek dengan setabil. Selain itu burung ini juga akan ikut ngekek saat lawanya juga ngekek, jadi dengan kondisi yang seperti ini bisa dibilang burung tersebut sudah siap untuk bersaing dan ikut lomba.

Sebelum mengikutkan burung Anda ke lomba sebaiknya perhatikan dulu ciri-ciri lovebird yang sudah siap lomba, apakah burung Anda sudah siap atau belum? Untuk memiliki burung yang siap Anda haruslah melakukan beberapa pelatihan dan perawatan seperti memandikannya sampai basah kuyup, mengajak burung Anda jalan-jalan untuk menaikan mental sang burung, dan masih banyak lagi perawatan atau latihan lain yang bisa Anda terapkan untuk mendapatkan kwalitas burung yang siap tanding.