Ciri-Ciri Burung Nuri Jantan dan Betina

Advertisement
Advertisement
Ada banyak jenis Burung Nuri, dan setiap jenis memiliki ciri-ciri yang berbeda sehingga untuk menentukan jantan dan betina, kita harus membahas satu persatu jenis burung tersebut.

Dalam artikel ini, kami akan mencoba membahas beberapa jenis Burung Nuri dan perbedaannya antara jantan dan betina.

burung nuri jantan, burung nuri betina

1. Beda jantan dan betina Nuri Bayan
Burung Nuri Bayan yang memiliki nama latin Electus Roratus. Perbedaan jantandan betina:
a. Burung jantan biasanya memiliki bulu berwarna hijau dengan paruh orang yang memiliki ujung berwarna kuning.
b. Sedangkan burung betina memiliki bulu berwarna merah hati dan berpadu dengan warna biru. Parahnya berwarna hitam. Kedua burung, jantan dan betina yang memiliki perbedaan warna bulu tersebut tentunya akan memudahkan kita.

2. Beda jantan dan betina Burung Nuri Kepala Hitam
Burung Nuri Kepala Hitam yang berasal dari Papua memiliki warna yang lebih identik dibandingkan dengan Burung Nuri sebelumnya. Burung ini didominasi bulu warna merah dan warna hitam di sekujur tubuhnya, dengan kepala yang memiliki bulu berwarna hitam sebagai ciri khasnya.
a. Baik yang memiliki jenis kelamin jantan dan betina, sama-sama memiliki paruh berwarna gading atau orange. Hanya saja, yang membedakannya, burung betina memiliki lingkar hitam di bagian leher layaknya kalung atau syal.
b. Ciri-ciri fisik yang bisa membedakan antara burung jantan dan betina adalah ukurannya. Biasanya burung jantan memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil dibandingkan dengan burung betina. Begitu juga dengan ekornya. Burung jantan memiliki ekor yang lebih pendek.
c. Cara lain untuk membedakan Nuri kepala hitam yang jantan dan betina adalah dengan melihat keindahan bulunya. Rata-rata, burung jantan memiliki bulu yang lebih rapi dan bersih serta mengkilat. Berbeda dengan burung betina yang pada umumnya terlihat lebih kusam.

3. Perbedaan jantan dan betina Nuri Merah
a. Pada Nuri Merah, apabila kita melihat ciri-ciri fisiknya, paruh burung jantan terlihat lebih tebal dibandingkan dengan burung betina.
b. Begitu juga dengan warna bulunya yang terlihat lebih cerah dan lebih bersih atau lebih rapi dibandingkan dengan burung betina yang tampak memiliki bulu kusam.
c. Pada saat berdiri, burung jantan lebih tegap dibandingkan dengan burung betina.
d. Burung Nuri Merah jantan ekornya lebih panjang dan dekat dengan kloaka, berwarna sedikit kuning pada saat masih muda.
e. Burung jantan juga memiliki gerakan yang lebih lincah dan lebih aktif serta memiliki ukuran kaki yang lebih besar dan kasar.
f. Apabila sudah sama-sama dewasa, biasanya burung jantan memiliki suara kicauan yang lebih keras dibandingkan dengan burung betina.
g. Ciri-ciri lainnya, burung jantan biasanya memiliki bulu berwarna hitam di bagian leher, tampak seperti kalung. Sedangkan pada burung betina tidak ada.