Melihat Ciri-Cirinya Burung Cipoh Jantung

Advertisement
Advertisement
Burung Cipoh yang ada di Indonesia dibedakan menjadi dua jenis yaitu: Cipoh Kacat dan Cipoh Jantung. Untuk nama burung yang disebut terakhir, memiliki sedikit perbedaan dengan Cipoh Kacat diantaranya adalah, ukuran tubuhnya lebih kecil, memiliki bulu berwarna lebih gelap serta, hanya ditemukan di Pulau Kalimantan dan Sumatera saja.

Silahkan simak lebih lanjut mengenai ciri dan karakter burung cipoh jantan beikut ini.

cipoh jantung

Ciri-ciri Cipoh Jantung
Burung ini berwarna lebih gelap dibandingkan dengan Cipoh kacat. Warna hijau zaitunnya tampak lebih dominan diselingi warna hitam dan garis-garis putih serta kuning di bagian sayap.
Burung jantan tampak berwarna lebih gelap dibandingkan dengan burung betina yang memiliki warna kuning di bagian dagu dan perut. Sedangkan untuk burung jantan, warna kuning tampak lebih mencolok terutama di bagian perut.

Habitat Cipoh Jantung
Burung ini banyak menghabiskan waktunya untuk mencari makan di semak belukar dan di perbukitan yang tidak terlalu tinggi. Di Pulau Sumatera, burung ini banyak ditemukan di Natuna. Makanan utama mereka diantaranya adalah serangga serangga kecil, semut, ulat dan biji-bijian.
Tidak sulit untuk menemukan burung ini di alam liar dan jumlahnya masih sangat banyak. Burung ini juga tidak takut untuk berada dekat dengan manusia. Hal tersebut bisa kita lihat dengan seringnya burung ini muncul di taman, di perkebunan atau di tegalan.

Cara Merawat Cipoh Jantung
Sangkar (kandang) yang dibutuhkan oleh burung ini tidak terlalu besar karena ukuran tubuhnya yang kecil. Rata-rata untuk burung dewasa memiliki ukuran tubuh sekitar 12 hingga 13 cm.
Pada saat dipelihara, burung bisa dilatih untuk makan voer, jangkrik dan kroto. Setiap hari burung harus dimandikan dan diangin-anginkan serta dijemur. Memperdengarkan master (audio Mp3) hanya untuk memancing agar burung ini bisa gacor atau mau mengeluarkan suaranya. Sedangkan memperdengarkan suara burung lain bukanlah ide yang baik karena Burung Cipoh Jantung dikenal tidak memiliki keahlian khusus untuk menirukan suara burung kicau yang lain.

Harga Burung Cipoh Jantung
Jika saat masih anakan (bakalan), burung ini berharga tidak terlalu mahal. Biasanya dijual sekitar Rp. 30.000 hingga Rp 50.000. Yang sudah dewasa dan sudah mulai bersuara biasanya di harganya lebih mahal antara Rp. 150.000 hingga Rp. 200.000 an.

Silahkan baca juga artikel tentang cipoh lainnya, yaitu seputar "suara cipoh".