Cara Merawat Burung Nuri Secara Rutin Setiap Hari

Advertisement
Advertisement
Sebenarnya Burung Nuri adalah burung yang sangat kuat, tidak mudah stres, dan tidak mudah sakit. Walau demikian, salah perawatan tentu akan berakibat fatal, mengingat burung ini berharga cukup mahal.

Selain itu, potensi burung yang cerdas bisa menirukan berbagai suara burung lain dan juga suara manusia akan terasa sia-sia jika tidak dirawat dengan baik.

merawat nuri

Diantara beberapa hal yang harus anda perhatikan saat memiliki Burung Nuri antara lain:

1. Kandang

Ukuran
Apabila anda memiliki hanya satu Burung Nuri saja maka ukuran kandang nya tidak harus terlalu besar. Cukup 1.25 x 1.25 x 150 meter. Namun apabila anda ingin memelihara dua burung yang berlawanan jenis. Dengan kata lain, jantan dan betina, maka anda membutuhkan ukuran kandang yang lebih besar. Agar burung bisa merasa nyaman karena memiliki ukuran tubuh yang cukup besar, maka anda harus memberikan akomodasi atau kandang berukuran minimal 2 x 3 x 1.5 meter.

Bahan
Bahan terbaik untuk membuat kandang Burung Nuri adalah dengan menggunakan kayu pohon kelapa atau kayu enau. Kedua kayu tersebut merupakan bahan yang sangat nyaman dan disukai oleh berbagai jenis Burung Nuri.

Kebersihan dan Kondisi
Kebersihan kandang harus selalu diperhatikan. Anda setidaknya harus secara rutin membersihkan kotoran burung serta memberikan desinfektan.
Untuk mengembangbiakan burung ini, sebaiknya anda membuat kandang yang sedikit dalam dengan nuansa gelap. Biasanya Burung Nuri menyukai suasana yang tenang dan agak suram.

2. Hindari penggunaan rantai
Menggunakan sangkar atau kandang tanpa jeruji memang sangat ekonomis dan akan memudahkan kita memindahkannya. Hanya saja kandang atau sangkar seperti ini tidak baik untuk burung itu sendiri karena, adanya rantai yang membelenggu akan membuat burung rawan lecet.

3. Makanan
Agar burung bisa berumur panjang dan tetap sehat anda harus secara rutin memberikannya beberapa makanan seperti:

Buah-buahan seperti pisang, pepaya dan apel juga disukai oleh Nuri. Selain buah-buahan ada juga bisa memberikan makanan pendamping seperti biji-bijian atau kacang-kacangan. Selain itu, burung ini juga menyukai sayur-sayuran seperti brokoli, wortel dan kangkung.

Beberapa peternak bahkan memberikan susu untuk burung ini setiap hari. Selain itu, jangan lupa air putih juga sangat dibutuhkan oleh burung sehingga harus secara rutin diganti.

Apabila masih anakan (bakalan), anda bisa memberikan Burung Nuri makanan berupa air gula. Cara pembuatannya, sediakan air kurang lebih 1/3 gelas kemudian masukkan 2 sendok makan gula pasir lalu diaduk dan diberikan setiap 2-3 jam sekali.

Tambahkan vitamin terbaik yaitu OrBird yang efektif dalam membantu menjaga kesehatan burung.

4. Hindari pemberian voer basah
Makanan berupa voer yang basah sebenarnya sangat rawan mengundang berbagai penyakit. Terutama, apabila setelah makan, makanan tersebut tersisa di paruhnya atau di bagian kulitnya.

5. Suntikan anti stres
Apabila anda memiliki burung yang sedikit giras atau stres karena kondisi lingkungan atau yang lainnya, anda bisa mengkondisikan dengan menyuntikkan anti stres agar burung bisa lebih tenang.

6. Melatih burung berbicara dan melakukan atraksi
Burung ini terkenal sebagai burung cerdas. Anda bisa melatihnya melakukan atraksi tertentu dan mengajaknya bermain-main. Selain itu, tentu saja memperdengarkan suara master atau suara manusia akan membuat burung ini semakin bernilai.

Burung Nuri, terutama Nuri Bayan terkenal sebagai burung yang bisa berbicara layaknya manusia walaupun hanya satu dua kata saja.

Demikian sedikit info tentang cara merawat nuri harian, semoga artikel ini dapat menjadi informasi yang bermanfaat buat kita semua.