Cara Merawat Lovebird di Musim Hujan

Advertisement
Advertisement
Di Indonesia sekarang sudah mulai memasuki musim hujan, di musim hujan ini adalah masa dimana burung peliharaan akan merasa tidak nyaman. Ya mereka tidak akan nyaman dengan suhu dan cuaca yang dingin, untuk itu sang pemilik haruslah memberikan perawatan extra pada burung kesayangannya ini.

Hampir semua burung tidak akan nyaman dengan hujan dan tidak terkecuali dengan lovebird, burung ini akan kedinginan dan hanya bisa berdiam diri di tenggerannya. Lalu bagaimana dengan perawatan burung saat musim hujan? untuk perawatan saat musim hujan sangatlah berbeda dengan perawatan pada umumnya.

lovebird cantik

Cara Merawat Lovebird Saat Musim Hujan
Di musim hujan perawatan untuk seekor burung haruslah dibedakan dengan perawatan pada umumnya, karena Anda tidak mungkin memandikan lovebird saat hujan bukan? Karena saat hujan suhu lingkungan menjadi lebih dingin dan kurang kondusif untuk mandi, selain itu Anda juga tidak bisa menjemur burung ini di bawah terik matahari. Lalu adakah perawatan lainnya?

Untuk perawatan lain, Anda bisa melakukan cara berikut:

1. Memasang lampu full spektrum 
Lampu ini memiliki suhu yang cukup untuk menghangatkan tubuh burung yang kedinginan karena hujan. Kenapa? karena lampu ini memiliki suhu warna sekitar 5500 K, selain itu lampu ini juga cocok untuk proses bertelur burung betina. Anda bisa memasang lampu full spektrum ini pada kandang burung, dengan cara ini Anda akan membuat burung lebih nyaman saat musim hujan.

2. Menutup sangkar dengan kredong 
Kredong sangat dianjurkan untuk mengurangi rasa dingin burung, Anda bisa menggunakan kredong ini untuk menghalau suhu dingin. Dengan cara ini suhu dingin atau percikan air hujan tidak akan masuk ke kandang dan mengenai burung, selain itu cara ini juga akan membuat burung lebih nyaman saat hujan. Jangan lupa hindari burung dari dinginnya hujan dan percikan air hujan, hal ini untuk menghindari penyakit pada burung.

3. Mengunakan tenggeran elektrik 
Untuk menghangatkan burung Anda bisa menggunakan tenggeran elektrik, tenggeran ini memberikan panas yang cukup untuk membuat burung tetap hangat. Selain itu tenggeran ini juga akan membuat burung lebih nyaman dan tenang saat hujan turun. Anda bisa membeli alat ini di situs internet seperti eBay atau Amazon, di situs tersebut alat ini diberi nama Electric Perch.

4. Menambah porsi makan 
Untuk menjaga suhu tubuh lovebird saat hujan, Anda bisa menambah porsi makan burung ini. Anda bisa tetap memberikan makanan utama seperti millet putih dan semacamnya, selain itu Anda juga bisa memberikan extra food seperti kangkung, sawi, jagung muda, dan beberapa makanan tambahan lainnya.

5. Memperbanyak multivitamin
Untuk menjaga kesehatan burung Anda bisa menggunakan multivitamin, OrBird sebaiknya rutinlah menggunakan multivitamin ini setiap hari selama musim hujan.

Cara merawat lovebird di musim hujan berguna untuk menjaga kesehatan burung agar tetap sehat, selain itu Anda juga harus mengentikan perwatan mandi kuyup pada burung. Sedangkan untuk menjaga kesehatan dan kebersihan kandang burung, sebaiknya Anda bersihkan kandang burung Anda secara rutin. Hal ini untuk menghindari penyakit yang diakibatkan karena kurangnya kebersihan kandang.