Cara Menjinakan Burung Nuri dengan Mudah

Advertisement
Advertisement
Terkadang, kita membeli burung kicau atau Burung Nuri yang sudah dewasa dari penjual burung. Dan salah satu kelemahan membeli burung yang sudah besar, biasanya kita membutuhkan waktu untuk menjinakkannya (baca juga: cara memilih nuri bakalan). Walaupun burung ini terkenal mudah jinak namun tetap saja, kita harus mengenal beberapa proses dan langkah-langkahnya.

Burung Nuri yang memiliki paruh bengkok, cukup tajam dan kuat akan sangat berbahaya apabila mematuk. Oleh sebab itu, burung yang masih galak atau liar harus diperlakukan dengan beberapa cara menjinakkan nuri berikut ini.

burung nuri jinak

1. Adaptasi
Hal pertama yang harus kita lakukan adalah memberikan kesempatan kepada burung untuk beradaptasi dengan kandang dan lingungan barunya. Namun, kandang berbentuk tertutup terkadang tidak efektif digunakan untuk memelihara Burung Nuri, karena kandang seperti itu tidak disukai oleh Burung Nuri dan hanya cocok untuk mengembangbiakan.

Cara terbaik untuk mempermudah dalam menjinakkan burung ini, kita harus menggunakan kandang terbuka yang bisa dibuat dari besi atau pipa setengah lingkaran dengan 1 tangerang.

Untuk mengikat burung agar tidak lepas, anda bisa memanfaatkan rantai berukuran kecil namun cukup kuat. Dan usahakan cincin untuk mengikat kaki burung tidak berbahaya dan tidak menyakitkan atau terlalu ketat. Besi yang digunakan sebagai cincin untuk mengikat kaki burung sebaiknya bebas dari karat dan tidak terlalu berat.

2. Menempatkan sangkar Burung Nuri
Setelah anda memiliki sangkar terbuka, selanjutnya tempatkan sangkar tersebut di tempat yang sering dilalui orang. Sehingga, lambat-laun Burung Nuri akan cepat beradaptasi dan tidak takut terhadap manusia.

3. Memberikan makan dengan tangan
Cara ini memang sedikit berbahaya namun apabila anda memanfaatkan sarung tangan yang sedikit tebal, maka anda tidak perlu khawatir memberikan makanan dengan menggunakan tangan. Memberikan biji-bijian, milet, biji bunga matahari, biji jagung dan lain-lain dengan menggunakan tangan anda akan membuat anda dan burung lebih akrab.

4. Ajak Burung Nuri bermain
Bermain adalah salah satu dunia Burung Nuri. Beberapa orang bahkan bisa melatih burung ini melakukan atraksi tertentu. Anda bisa mengajak Burung Nuri bermain-main menggunakan bola. Semakin sering anda berinteraksi dengan burung maka semakin mudah burung menjadi jinak.

5. Memandikan burung
Sesekali, burung juga harus dimandikan. Biasanya dengan menggunakan semprotan hingga burung tersebut basah kuyup. Hindari menyemprot burung di bagian muka dan telinganya. Setelah itu tempatkan sangkar atau jemur burung tersebut selama beberapa saat hingga bulunya mengering ditempat yang sering dilalui orang.

6. Melatih Nuri berbicara
Semakin sering anda berinteraksi dengan Burung Nuri, maka semakin mudah burung tersebut menjadi jinak. Anda juga harus meluangkan banyak waktu untuk mengajaknya berbicara atau melatihnya mengucapkan satu atau dua patah kata. Dengan begitu, burung tersebut akan lebih mengenal anda dan tidak takut lagi terhadap manusia.