Cara Efektif Menjinakkan Burung Lovebird

Advertisement
Advertisement
Lovebird yang jinak adalah dambaan setiap breeder, namun sayangnya tidak semua burung langsung memiliki sifat tersebut. Biasanya seekor burung akan membutuhkan waktu untuk masa penyesuaian, masa tersebut bisa berguna untuk penyesuaian burung terhadap lingkungan, pemilik, sangkar, pakan, dan situasi di sekitar burung.

Setiap burung yang baru saja dibeli pasti membutuhkan waktu untuk dekat dengan pemiliknya, dalam rentang waktu ini Anda sebagai pemilik harus melakukan pendekatan terhadap burung peliharaan Anda.

lovebird jinak

Cara Menjinakan Lovebird
Burung yang jinak adalah burung yang mudah dilatih, burung ini mampu menangkap perintah dan materi yang diberikan sang pemilik. Akan tetapi setiap burung membutuhkan waktu untuk bisa dekat dan jinak ke pemiliknya, agar burung jinak lebih cepat ada baiknya Anda melakukan hal-hal berikut ini:

1. Memandikan burung 
Anda bisa memandikan burung secara rutin dan continue setiap hari, tips menjinakan lovebird dengan metode ini adalah dengan cara menyemprotkan burung dengan semprotan air sampai Ia benar-benar basah. Lakukan cara ini minimal 1 sampai 2 kali dalam sehari, selain itu Anda bisa melakukan siulan untuk memancing burung agar mau berkicau.

2. Menjemur burung 
Setelah melakukan mandi, Anda haruslah menjemur burung di tengah sinar matahari. Selain untuk menjaga setamina burung, hal ini juga bisa menambah kedekatan antara sang burung dengan pemilik. Lakukan cara ini minimal 2-3 jam sehari, biasakan untuk menjemur di bawah sinar matahari pagi atau sore hari, gunanya agar burung lebih merasa nyaman karena sinar yang tidak terlalu panas.

3. Diangin-anginkan 
Anda bisa melakukan cara ini untuk mengajarkan adaptasi ke burung, Anda bisa menempatkan sangkar burung tersebut di teras rumah. Gunanya agar sang burung terbiasa melihat wajah manusia, cara ini akan membuat burung lebih nyaman dan terbiasa dengan interaksi manusia.

4. Kredongan 
Berikanlah kredong sangkar pada malam hari saja, gunanya agar burung lebih tenang dalam beristirahat. Akan tetapi jangan pernah gunakan kredong saat pagi dan sore hari, karena jika Anda lakukan hal tersebut maka akan mengakibatkan proses adaptasi menjadi terganggu.

5. Mengajaknya bermain
Tips ampuh menjinakan lovebird berikutnya adalah dengan mengajaknya bermain, dengan bermain bersama akan menambah kedekatan antara sang pemilik dan burung peliharaanya. Anda bisa melakukan siulan untuk memancing suara burung, atau Anda juga bisa menyuapkan biji jagung atau kwaci padanya. Selain untuk memancing kedekatan, hal ini juga dinilai ampuh untuk membiasakan burung dengan interaksi yang kita berikan.

Dalam menjinakan burung jenis apapun, sebaiknya Anda perbanyak interaksi terhadap burung tersebut. Karena dengan memperbanyak interaksi maka sang burung akan merasa nyaman dengan Anda, selain itu burung akan lebih terbiasa dengan gerak-gerik kita dan interaksi kita padanya.