Cara Paling Efektif Menjinakkan Burung Cipoh

Advertisement
Advertisement
Burung Cipoh atau Aegithina Tiphia memiliki status konservasi resiko rendah sehingga tidak sulit untuk menemukannya di alam liar. Apabila didapat dari hutan biasanya lebih sulit untuk dijinakkan dibandingkan dengan burung yang dibeli dari penangkaran.

Dengan berbagai alasan, terkadang juga seseorang yang membeli burung dari kandang ombyokan (penangkar) sesekali menemukan burung yang masih liar dan tidak jinak. Untuk bisa melatih burung tersebut agar bisa gacor (rajin berkicau) tentunya kita harus menjinakkannya terlebih dahulu (simak: suara cipoh).

cipoh jinak

Bagi anda yang tertarik dengan tips dan cara menjinakkan Cipoh, berikut adalah beberapa diantaranya.

1. Adaptasi
Pertama kali dibeli, burung sebaiknya diberikan kesempatan untuk beradaptasi dengan tempat baru (sangkar barunya) terlebih dahulu. Setelah kurang lebih 1 minggu, barulah burung bisa dimandikan dan disentuh.

Selama proses adaptasi, anda bisa melatihnya makan voer sambil sesekali diberikan makanan ekstra. Pada siang hari, saat beristirahat, burung bisa ditempatkan di teras atau di ruang tamu yang banyak dilalui orang.

2. Memandikan burung setiap hari
Cara menjinakkan Burung Cipoh yang kedua adalah dengan metode memandikan burung tersebut setiap hari saya banyak 2-3 kali. Di pagi hari, terlebih dahulu burung diembunkan kemudian dimandikan dengan semprotan hingga basah kuyup. Setelah dimandikan, burung kemudian dijemur selama kurang lebih satu hingga dua jam.

3. Memegang burung
Saat memandikan burung, anda bisa memegang burung tersebut dengan menggunakan tangan kiri dan menyemprotkannya dengan tangan kanan. Dengan begitu, burung akan terbiasa kepada manusia sehingga lebih mudah untuk jinak.

4. Pemberian makan
Selain dengan metode memandikan burung, pada juga bisa menjinakan dan membiasakannya dengan manusia saat diberikan makan. Saat memberikan extra food (EF) berupa kroto, atau nektar, atau jangkrik, anda bisa memberikannya dari tangan anda. Semakin sering anda melakukannya, maka burung akan semakin dekat dan cepat mengenal anda.

5. Digantang di pinggir jalan
Untuk membiasakannya dengan manusia agar tidak takut, burung sekali bisa di gantang di jalan yang banyak dilalui oleh orang. Dengan cara ini, lambat laun burung akan terbiasa dengan manusia dan tidak takut lagi.