Cara Mengobati Burung Lovebird yang Lumpuh

Advertisement
Advertisement
Lovebird adalah hewan biasa yang juga bisa mengalami sakit, banyak penyakit yang bisa dialami burung dan salah satunya adalah stroke atau keadaan kaki burung yang lumpuh. Ciri utama penyakit ini adalah kakunya kaki dan cakar burung, dengan keadaan tersebut Ia akan diam di tenggerannya karena tidak bisa untuk pindah ke tenggeran lain atau pun terbang.

Masalah stroke memang kerap kali menyerang burung ini, namun kebanyakan breeder mampu mengatasinya dengan metode perawatan yang baik dan benar.

lovebird lumpuh, lovebird stroke

Mengatasi Lovebird yang Terkena Stroke 
Stroke atau kelumpuhan kaki pada lovebird memang sering terjadi, hal ini bisa disebabkan karena beberapa hal. Penyebab itu mulai dari sarang yang tidak ideal sampai dengan salah perawatan.

Untuk mengatasi itu semua Anda bisa melakukan penanganan dan perawatan sederhana seperti dibawah ini:

1. Untuk burung yang sedang stroke ringan maka proses penyembuhannya bisa mencapai 2 minggu.
2. Untuk burung yang sedang stroke ada baiknya kita pisahkan dan tempatkan burung ini pada sebuah sangkar khusus.
3. Anda bisa membuat sangkar tersebut dengan luas 40cm x 40 cm, untuk bagian atasnya Anda bisa memasang kawat sebagai pintu masuk. Sedangkan untuk kandangnya sediri terbuat dari papan triplek, dan gunakan juga papan yang tidak terlalu tebal dan tidak terlalu tipis.
4. Gunakanlah lampu pijar yang memiliki daya sekitar 5 Watt sebagai penghangat, lampu dan kandang ini berfungi sebagai inkubator khusus untuk burung yang sedang mengalami stroke.
5. Untuk cara mengatasi lovebird yang lumpuh berikutnya Anda bisa gunakan balsem, Anda bisa mengoleskan benda ini ke kaki burung yang sedang stroke minimal 2 kali dalam sehari. Balsem berguna untuk membuat otot-otot pada kaki burung tersebut lebih kendur dan rileks.
6. Untuk perawatan hari pertama sebaiknya Anda berikan pakan berupa jangung muda, namun jagung muda tersebut haruslah diberi air. Kondisi burung yang seperti ini akan menyulitkan Ia untuk melakukan proses pencernaan makanan, jadi sebisa mungkin Anda haruslah memberikan pakan yang sekiranya mudah untuk dikonsumsi.
7. Pada hari keempat dan seterusnya Anda bisa gunakan wadah cepuk untuk minum, wadah ini berguna untu melatif burung agar bisa minum sendiri.
8. Mulai hari keempat sebaiknya Anda kurangi penerangan inkubator, kurangilah cahaya lampu pijar terutama pada siang hari.
9. Untuk mempercepat proses penyembuhan Anda bisa gunakan suplemen burung seperti propolis, suplemen ini akan membantu burung dalam melawan penyakit yang Ia derita.
10. Demi proses penyembuhan burung sebaiknya Anda hindari semua proses perawatan seperti pemandian dan penjemuran.

Pemulihan:
Untuk melakukan proses pemulihan agar maksimal sebaiknya Anda gunakan multivitamin untuk burung seperti OrBird, Anda bisa menggunakan multivitamin ini sebanyak 3 tetes sehari. Multivitamin ini mengandung khasiat prospolis yang baik untuk kesehatan burung.