Cara Mengatasi Lovebird yang Sakit Mata atau Snot

Advertisement
Advertisement
Sakit mata pada lovebird memang sering terjadi, gejala awal penyakit ini bisa Anda lihat pada bagian mata burung yang berair dan pada tepi matanya berwarna sedikit kekuning-kuningan. Akan tetapi jika penyakit ini sudah parah maka mata akan bengkak, timbul benjoal, berair, dan pandangan yang kabur, jika tetap dibiarkan bisa berakibat buruk pada burung Anda.

Kenapa? Karena burung ini akan kesulitan untuk makan karena tidak bisa melihat makanannya dengan jelas, selain itu perilakunya juga akan berubah dan cenderung aneh dengan sering mematuk benda-benda di sekitarnya. Untuk mengatasi hal ini sebaiknya Anda lakukan perawatan khusus pada burung yang sakit mata.

lovebird sakit mata, lovebird snot, snot pada lovebird, lovebird sakit snot

Cara Mengobati Sakit Mata / Snot Pada Lovebird
Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi sakit mata pada burung Anda, namun jika Anda menemui burung yang sedang mengalami sakit mata sebaiknya segera jauhkan Ia dari kawanannya.

Jika Anda tidak segera menjauhkannya maka khawatir penyakit ini akan menular ke burung yang lain. untuk mengobati sakit mata pada lovebird lakukanlah cara-cara berikut ini:

1. Perawatan harian 
Untuk burung yang sedang sakit mata sebaiknya Anda hentikan kegiatan penjemuran baik pagi atau pun sore hari, sebisa mungkin gunakan selalu kredong agar burung tersebut terhindar dari sinar UV yang dipancarkan matahari.

2. Pemberian pakan 
Untuk pemberian pakan Anda bisa melakukannya namun dengan porsi yang lebih sedikit, burung ini akan sedikit kekurangan nafsu makannya jadi berilah Ia setengah dari porsi biasanya. Untuk menjaga kondisinya Anda bisa mencampurkan multivitamin pada minuman burung ini, selain itu Anda juga bisa tetap memberikan pakan seperi biasanya baik pakan rutin maupun extra food. Anda bisa memberikan jagung muda untuk menambah setamina burung, tapi sebisa mungkin hindari kangkung karena tidak baik untuk burung yang sedang sakit mata.

3. Pemandian burung 
Untuk burung yang sedang sakit sebaiknya tidak dimandikan terlebih dahulu, Anda hanya perlu membersihkan feces (tahi burung) yang berserakan di kandang. Selain itu hindari juga kontak dengan sinar matahari langsung. Kenapa? karena sinar matahari akan berdampak buruk pada kondisi penyakit yang Ia derita, sinar matahari yang mengandung UV akan membuat penyakit ini lebih parah dan sulit untuk disembuhan.

4. Proses pengobatan 
Untuk pengobatan sakit mata pada lovebird sebaiknya Anda lakukan secepat mungkin sebelum penyakit yang diderita semakin parah dan sulit untuk disembuhkan, Anda bisa melakukan pengobatan ini sendiri dengan cara berikut:

a. Rendamlah kain pada air hangat
b. Kemudian Anda bersihkan mata burung ini dengan kain tersebut, untuk temperatur kain sebaiknya tidak terlalu panas atau pun dingin.
c. Setelah itu berikanlah obat tetes mata atau OrBird juga bagus untuk mata yang sakit maupun yang tidak, tujuannya agar mata yang normal dan sehat ini tidak tertular. Untuk frekuensi perawatannya Anda cukup lakukan setiap 1 kali hari, Anda bisa melakukannya pada pagi atau pun sore hari.

Anda bisa melakukan perawatan di atas untuk lovebird yang sedang sakit mata ringan, namun jika sakit mata yang Ia alami adalah sakit mata yang parah sebaiknya Anda datangi dokter hewan untuk dilakukan tindakan lebih lanjut. Perlu Anda ketahui, jika Anda terlambat melakukan penanganan terhadap penyakit ini maka bisa jadi burung Anda akan mengalami penyakit yang lebih parah dan bisa berakibat fatal untuk kesehatan matanya.