Cara Mengatasi Lovebird yang Mencabuti Bulu-bulunya Sendiri

Advertisement
Advertisement
Lovebird adalah salah satu jenis burung yang sedang diminati akhir-akhir ini, Ia memiliki suara yang khas dan bulu-bulu yang cantik. Banyak orang yang memelihara burung ini, mereka melakukan hal tersebut dengan berbagai macam alasan. Akan tetapi mayoritas mereka melakukan budidaya LB ini hanya untuk peliharaan, breeding, atau untuk diikutkan kontes.

Ada banyak kontes-kontes yang diadakan untuk mengadu keindahan dan merdunya suara lovebird ini. Dan tahukah Anda? siapa pun yang menjuarai kontes tersebut, Ia akan berhak mendapatkan hadiah dan piala. Tapi bukan hanya itu, untuk burung yang berhasil mendapatkan predikat terbaik akan memiliki nilai jual yang 500% lebih mahal dari harga normal.

lovebird indah

Berbicara mengenai LB, tahukah Anda ternyata burung ini tidak bisa hidup sendiri? Hampir semua makhluk hidup memang membutuhkan pasangan, dan tidak terkecuali dengan jenis burung yang satu ini. Layaknya manusia, burung ini akan uring-uringan saat Ia tidak memiliki teman hidup. Perilaku burung yang sedang uring-uringan biasanya adalah dengan mencabuti bulunya sendiri. Saat lovebird sedang over birahi Ia akan mencabuti bulu-bulunya sendiri, hal itu sebagai tanda bahwa Ia ingin memiliki pasangan.

Tips Mengatasi Perilaku Lovebird yang Mencabuti Bulunya Karena OB
Saat mengalami OB LB ini akan berperilaku aneh, selain mencabuti bulu-bulunya sendiri Ia juga akan mengawini tangkringannya dan bertindak agresif di kandang. Sangat disayangkan jika seekor burung mencabuti bulunya sendiri, iya kan?

Lalu bagaimana yang sedang OB? Dan bagaimana cara mengatasi perilaku lovebird yang mencabuti bulunya? Untuk mengatasinya, Anda cukup lakukan cara berikut ini:

1. Kawinkan dengan burung lain 
Jika burung Anda pejantan maka masukan seekor betina ke sangkar, dengan begitu setidaknya OB yang Ia alami bisa berkurang. untuk mengawinkan burung ini sebaiknya Anda pilih betina yang bagus agar memiliki keturunan yang bagus pula, tapi ingat jangan gunakan betina yang semi klep dan ada baiknya Anda gunakan betina yang sudah berumur agar potensi bertelur lebih besar.

2. Perbanyaklah mandi 
Dengan mandi kuyub OB yang burung Anda alami akan berkurang, jika Anda biasa memandikan burung Anda sebanyak 2 kali sehari maka mulai sekarang perbanyaklah jumlahnya. Anda bisa memandikan lovebird pada malam hari, namun sebaiknya hal ini dilakukan saat kondisinya sedang sehat saja. Hal ini untuk menghindari burung Anda agar tidak sakit saat dimandikan malam-malam, jadi sebaiknya lakukan mandi kuyup ini pada burung yang sehat.

3. Kurangi berjemur
Dengan berjemur OB pada LB ini akan meningkat, jika OB tersebut meningkat maka akan mengakibatkan burung ini akan tetap mencabuti bulunya sendiri. untuk mengatasi hal ini sebaiknya Anda kurangi lamanya proses berjemur, minimal Anda kurangi durasi proses ini selama 15 menit.

4. Kurangi jagung muda dan kangkung 
Untuk mengatasi perilaku burung yang gemar mencabuti bulunya sendiri,  ada baiknya Anda hentikan pemberian extra food  ini pada burung. Sebab makanan ini mengandung zat yang akan menaikan birahi sang burung, jadi untuk menghindari hal ini sebaiknya Anda hentikan dulu pemberian makanan ini.

5. Beri Suplemen khusus
Berikan suplemen yang manfaatnya untuk memulihkan kondisi psikologis burung, dan agar tidak stres, yaitu dengan memberikan vitamin OrBird.

Cara mengatasi lovebird yang suka mencabuti bulunya sendiri karena OB bisa Anda terapkan seperti tips di atas, namun selain karena OB burung juga yang mencabuti bulunya bisa juga disebabkan karena kutu atau Ia sedang sakit. Jika karena kutu Anda bisa mandikan burung ini dengan air tembakau, tapi jika karena Ia sakit maka sebaiknya Anda bawa burung ini pada dokter hewan.