Cara Mengatasi Burung Lovebird yang Ngeruji

Advertisement
Advertisement
Perilaku lovebird yang ngeruji sering kali merugikan sang pemilik, apa lagi saat itu adalah saat lomba atau event burung. Tentu saja sangat merugikan pemilik burung, sebab apabila burung tersebut ngeruji maka juri lomba akan memberikan nilai buruk pada burung tersebut.

Biasanya perilaku ini ditandai dengan kondisi burung yang tidak ingin berkicau, selain itu burung akan enggan berdiam di tangkringan. Ia tidak akan mau untuk berkicau dan berdiam di tangkringan, tapi Ia akan berdiam diri dan menempel pada pinggir sangkar lalu menempelkan tubuhnya pada ruji-ruji sangkar.

lovebird ngeruji

Mengatasi Perilaku Lovebird yang Ngeruji
Untuk mengatasi lovebird yang ngeruji sebenarnya gampang-gamapang susah. Kenapa gampang-gampang susah? Karena pada situasi seperti ini burung sedang mengalami over birahi, keadaan tersebut adalah keadaan dimana keadaan birahi sang burung sedang meningkat.

Untuk mengatasi keadaan ini sebaiknya Anda lakukan cara-cara berikut:

1. Meniadakan extra food 
Beberapa extra food akan membuat birahi burung meningkat, hal itu disebabkan karena zat dalam makanan tersebut mampu untuk merangsang birahi burung. Adapun makanan yang dimaksud adalah kwaci, sawi, kangkung, dan jagung muda, jadi untuk untuk mengatasi perilaku ngeruji pada burung sebaiknya Anda tiadakan makanan-makanan tersebut.

Setiap harinya Anda bisa memberinya makanan utama seperti millet puih dan air putih saja, jika keadaan birahi burung sudah normal maka Anda bisa memberikan extra food tadi pada burung Anda. Lebih bagus bila diberikan multivitamin tambahan untuk menormalkan kondisi burung, yakni dengan OrBird salah satunya.

2. Mengawinkan lovebird
Cara ini dinilai ampuh untuk menurunkan birahi sang burung, namun untuk mengawinkan burung ini tidak semudah yang Anda bayangkan. Hal itu dikarenakan burung ini tidak memiliki preferensi khusus dalam memilih pasangannya saat di kandang soliter, untuk mengatasi itu semua Anda bisa menempatkan burung ini di kandang koloni.

Dalam kandang koloni sang burung akan bebas memilih pasangan mana yang akan mereka kawini, namun jika Anda sudah berpengalaman Anda bisa menjodohkan burung ini dengan indukan yang sudah matang. Untuk indukan sendiri Anda bisa menggunakan indukan jantan atau pun betina dengan kisaran umur sekitar 8 bulan.

3. Mengubah posisi tangkringan 
Untuk mengatasi lovebird yang ngeruji Anda bisa mengubah posisi tangkringan, Anda bisa mengubah posisinya menjadi lebih mepet ke jeruji sangkar. Dengan cara ini burung akan sering hinggap ke tangkringan, dengan cara itu burung akan lebih nyaman dan sesekali berkicau.

Untuk mengatasi burung yang ngeruji Anda bisa gunakan ketiga cara ampuh di atas, tapi yang penting adalah saat si burung sudah masuk masa kawin maka segeralah kawinkan Ia dengan pasangannya. Tujuannya untuk menghindari kejadian ngeruji atau over birahi pada burung.