Cara Mengatasi Bulu Burung Lovebird yang Rontok

Advertisement
Advertisement
Lovebird (LB) adalah salah satu burung yang memiliki bulu yang indah. Selain warna yang beraneka ragam pada bulunya burung ini juga memiliki corak yang unik dan cantik. Akan tetapi beberapa kasus membuktikan bahwa tidak sedikit LB yang kehilangan bulunya karena kerontokan.

Hal ini sangat disayangkan,  pasalnya mereka akan kehilangan kecantikan karena kerontokan tersebut, lalu bagaimana cara mengatasi itu semua?

gambar burung lovebird

Cara Mengatasi kerontokan Pada Lovebird 
Kerontokan memang sangat mengganggu kecantikan LB, terlebih lagi jika LB tersebut adalah burung kontes. Untuk mengatasi itu semua Anda bisa melakukan perawatan khusus pada LB, adapun cara merawat kerontokan pada lovebird adalah sebagai berikut:

1. Pemberian vitamin 
Untuk mengatasi kerontokan pada lovebird Anda bisa menggunakan obat OrBird yang berguna untuk mengurangi kerontokan bulu pada LB, namun jika kerontokan tersebut membuat burung Anda sakit dan lemas maka Anda bisa menggunakan obat ini untuk mengatasi hal tersebut. Anda bisa mencampurkan kedua obat ini pada makanan dan minuman burung Anda.

2. Proses pemandian 
Anda bisa menggunakan air tembakau untuk mengatasi kerontokan bulu LB, air ini sangat dianjurkan untuk kerontokan yang disebabkan oleh kutu. Anda bisa memandikan burung Anda 2 kali sehari dengan menggunakan air ini.

3. Buah dan sayur 
Jika kerontokan tersebut karena stres Anda bisa gunakan buah dan sayur, sebaiknya gunakan buah dan sayur yang dapat membuat tingkat stres burung menjadi menurun. Berikan buah dan sayur untuk dikonsumsi burung, sebaiknya berilah buah dan sayur yang seteril untk menghindari serak pada burung.

4. Pemulihan bulu 
Untuk memulihkan bulu burung Anda bisa mengguakan asam linolet, asam ini akan memperbaiki kwalitas bulu dan mampu menumbuhkan bulu dengan baik.

Penyebab Kerontokan Bulu Pada Lovebird 
Untuk mengatasi kerontokan bulu LB sebaiknya Anda ketahui terlebih dahulu tentang penyebabnya, adapun penyebab kerontokan bulu lovebird adalah:

1. LB mengalami cacingan sehingga membuat bulunya rontok, cacingan yang seperti ini biasanya adalah cacingan yang terlalu parah atau kronis.
2. Sebaiknya Anda memberikan makanan yang mengandung cukup protein untuk mengindari kerontokan bulu LB, karena kekurangan protein akan membuat bulu burung bisa rontok.
3. Kekurangan vitamin dan mineral, sebaiknya untuk mengatasi hal ini adalah dengan memberikan vitamin dan mineral yang cukup pada LB.
4. Untuk mencegah kerontokan sebaiknya Anda rajin memberikan buah yang baik untuk mencegah stres pada LB.
5. Faktor keeturunan.

Untuk mendapatkan bulu lovebird yang indah, sabaiknya Anda lakukan perawatan rutin. Selain itu, Anda juga harus memberikan makanan yang baik untuk pertumbuhan dan kwalitas bulu burung, di samping itu Anda juga harus menjaga kesehatan burung agar tidak cacingan dan membuat bulu-bulunya rontok.