Cara Mempercantik/Memperindah Suara Burung Lovebird

Advertisement
Advertisement
Lovebird adalah salah satu jenis burung yang pintar, Ia mampu menirukan beberapa jenis suara. Dalam melatih suaranya, burung ini biasanya melakukan pemasteran. Apa itu pemasteran? Pemasteran adalah sebuah metode yang digunakan untuk melatih suara kicauan burung cinta ini.

Dalam prakteknya biasanya pemelihara akan memberikan masteran berupa rekaman kicauan burung lain, atau pemelihara bisa juga untuk menyandingkan burung ini dengan jenis burung sejenis dalam satu tempat khusus. Sebenarnya selain metode ini ada metode lain yang bisa dilakukan, nah metode tersebut terangkum dalam materi berikut.

lovebird bersuara indah

Metode mempercantik suara lovebird (LB)
Lovebird adalah burung pintar, Ia memiliki memori yang mampu merekam segala jenis suara. Itulah sebabnya burung ini mampu menirukan suara-suara dari burung lain. burung ini sendiri memiliki satu suara khas yang diberi nama ngekek, suara ini adalah sejenis kicauan panjang yang sering dilantunkan oleh LB. Akan tetapi tidak semua burung memiliki skill kicauan tersebut, untuk itu Anda sebagai pemelihara haruslah melatih skill tersebut agar sang burung memiliki kemampuan yang Anda inginkan.

Adapun cara untuk melatih suara burung ini adalah:

1. Lakukan pemasteran
Pemasteran adalah cara mempercantik suara lovebird yang umum digunakan, cara ini biasanya dilakukan 2 kali dalam sehari yaitu pagi dan sore hari. Umunya untuk mendapat skill yang mumpuni, burung haruslah dilatih dan mulai diperdengarkan masteran sejak Ia masih berumur 1 bulan.

2. Sangkar umbaran 
Sangkar ini memiliki ukuran yang relatif lebih besar dari sangkar burung pada umunya, banyak breeder yang menggunakan sangkar ini untuk melatih nafas burung mereka. Seekor burung selain memiliki suara merdu haruslah memiliki suara dan nafas yang panjang, ya untuk jadi burung jawara seekor burung cinta haruslah memiliki pola ngekek yang panjang dan merdu (baca: sangkar lovebird).

3. Perawatan 
Selain dengan latihan  suara dan nafas Anda juga harus melakukan perawatan yang tepat untuk mendapatkan suara burung yang indah. Perawatan ini bisa berupa memandikan burung sampai kuyup 2 kali dalam sehari (bisa dengan cara mencampurkan air untuk mandi dengan OrBird), atau pemberian pakan yang dapat merangsang birahi burung. pemberian makanan tersebut bertujuan agar sang burung mau untuk melakukan ngekek secara continue dan panjang, tapi ingat jangan terlalu sering diberikan makanan seperti ini karena akan menyebabkan burung tersebut mengalami OB atau over birahi.

Itulah beberapa tips dan cara untuk mendapatkan suara lovebird yang cantik, indah, dan panjang. Karena dengan suara seperti itu seekor burung cinta akan mendapatkan hasil yang baik saat lomba, jadi jika Ia mendapatkan hasil yang baik maka besar kemungkinan Ia akan mendapatkan predikat sebagai jawara lomba.