Cara Memilih Burung Nuri Bakalan Yang Tepat

Advertisement
Advertisement
Harga Burung Nuri bakalan biasanya mencapai sekitar Rp. 500.000 hingga Rp. 1.500.000. Harganya yang cenderung mahal tersebut bukan tanpa alasan, melainkan karena burung ini memang memiliki banyak kelebihan dan keunggulan dibandingkan burung kicau lainnya.

Agar tidak menyesal di kemudian hari, ada beberapa tips dan trik dalam memilih Nuri bakalan jika anda ingin membeli dari peternak.
nuri bakalan

1. Jenis Burung Nuri
Anda harus mengetahui berbagai jenis Burung Nuri yang ada dan mengetahui kelebihan apa saja yang dimiliki oleh berbagai jenis nuri. Selain itu, burung yang masih bakalan terkadang sedikit berbeda pada saat dewasa. Anda bisa memilih dan melihat serta membandingkan Burung Nuri yang ada sebelum mengambil keputusan.

Tidak semua burung jenis ini bisa berbicara atau menirukan suara manusia. Oleh sebab itu, ada baiknya anda melaukan research untuk mengetahuinya.

2. Jenis Kelamin Burung
Menentukan jenis kelamin burung adalah salah satu langkah dalam memilih Burung Nuri bakalan. Sebagian orang ingin menggunakan burung ini sebagai burung hias atau burung peliharaan dan bukan untuk dikembangbiakkan. Sehingga, burung jantan adalah pilihan tepat.

Burung jantan memiliki suara yang lebih keras dan memiliki kicauan yang lebih bervariasi dibandingkan dengan burung betina titik selain itu, burung jantan biasanya lebih aktif dibandingkan burung betina (baca; ciri burung nuri jantan dan betina).

Sedangkan apabila anda berencana untuk membeli satu pasang Burung Nuri, maka ada baiknya anda mengetahui terlebih dahulu perbedaan antara burung jantan dan betina dari berbagai jenis Burung Nuri yang ada.

3. Pilih bakalan dengan paruh kuning
Warna paru sedikit banyak berpengaruh terhadap kemampuan burung. Ciri-ciri Burung Nuri bakalan yang bisa berbicara adalah yang memiliki paruh berwarna kuning. Disamping memiliki kepandaian dalam berbicara, Burung Nuri yang memiliki paruh berwarna kuning terutama apabila anda membeli nuri kepala hitam, biasanya burung tersebut lebih mudah jinak.

Beberapa sumber terpercaya mengatakan bahwa Nuri dengan paruh merah dan orange tidak memiliki bakat untuk berbicara.

4.Bulu bersih dan bagus
Selain melihat warna paruh, anda juga harus memperhatikan kebersihan bulu burung tersebut baik jantan maupun betina. Biasanya burung betina memang memiliki bulu yang terlihat sedikit kusam dibandingkan dengan burung jantan.

5. Tidak cacat
Kondisi fisik burung juga adalah syarat yang tidak boleh dilupakan apabila anda memilih burung bakalan. Kondisi fisik harus benar-benar sempurna tanpa cacat.

Cara mengetahui kondisi fisik apakah burung tersebut cacat atau tidak sebenarnya tidak terlalu sulit. Anda hanya membutuhkan waktu beberapa saat untuk mengamatinya. Selain itu, anda juga bisa menanyakannya kepada pemilik burung.

Demikianlah sedikit sharing seputar cara memilih nuri bakalan, semoga apa yang kami sajikan kali ini dapat berguna buat sobat semua.