Cara Membuat Burung Lovebird Cepat Birahi

Advertisement
Advertisement
Lovebird yang sedang birahi akan melakukan kicauan dengan frekuensi yang baik, Ia akan senantiasa berkicau untuk memanggil lawan jenisnya. Untuk itu biasanya sebelum lomba pemilik sering memancing birahi burung kesayangannya.

Umumnya mereka melakukannya dengan memberikan pakan yang memancing birahi burung, pakan tersebut mereka berikan secara rutin setiap hari sebelum kontes dilaksanakan. Namun selain makanan, ada beberapa faktor lain yang mempengaruhi meningkatnya birahi burung.

lovebird birahi

Cara Meningkatkan Birahi Lovebird
Untuk meningkatkan birahi lovebird tidaklah dipengaruhi dengan makanan saja, namun Anda juga harus memperhatikan beberapa faktor lain. Faktor tersebut bisa berupa perawatan kesehatan, perawatan kebersihan, dan penjodohan indukan.

Jika Anda ingin meningkatkan birahi burung, ada baiknya Anda perhatikan faktor berikut:

1. Fakto kebersihan kandang 
Faktor ini sangat berpengaruh mood burung, burung yang berada pada kandang yang kotor dan jorok akan enggan untuk menaikan birahinya. Dalam situasi ini cara membuat lovebird cepat birahi adalah dengan merapihkan kandang dan membersihkannya dari segala macam kotoran.

2. Faktor makanan 
Seperti yang kami bahas di atas, makanan memang sangat berpengaruh pada meningkatnya berahi burung. Anda bisa menggunakan extra food yang baik untuk meningkatkan birahi, adapun makanan tersebut bisa berupa:
1. Kangkung
2. Jagung muda
3. Biji kenari
4. Sawi
5. Dan beberapa makanan tambahan lainnya.

Makanan ini bisa Anda tambahkan untuk mendampingi makanan pokok seperti millet merah dan millet putih. Lebih bagus lagi bila ditambah dengan multivitamin OrBird.

3. Faktor perawatan tubuh burung 
Faktor ini juga berpengaruh untuk meningkatkan birahi, pasalnya burung yang sering dimandikan dan sering dijemur akan memiliki birahi yang tinggi. Jadi jika Anda ingin lovebird Anda  memiliki birahi yang tinggi maka lakukan perawatan kebersihan sebagai berikut:
a. Mandikan burung dengan cara di semprot dengan air sampai kuyup di pagi hari.
b. Setelah itu jemur Ia di bawah terik matahari dari jam 7 pagi sampai jam 9 pagi.
c. Kemudian setelah kering Anda bisa mengkredongkan sangkar burung dengan kain.
d. Anda juga bisa melakukan hal yang sama pada sore hari, begitu pun proses penjemuran bisa dilakukan selama 2-3 jam. Akan tetapi proses penjemuran haruslah dilakukan di bawah sinar matahari, jadi entah sore atau pun pagi sebaiknya Anda tempatkan burung ini di bawah sinar matahari.

Untuk meningkatkan birahi burung sebaiknya Anda lakukan cara-cara di atas, namun selain melakukan cara di atas Anda juga harus memperhatikan usia burung. Pasalnya burung yang bisa dinaikan birahinya adalah burung yang berusia lebih dari 8 bulan, karena umur tersebut adalah umur yang matang untuk burung.