Cara Memaster Burung Lovebird agar Memiliki Suara yang Bervariatif

Advertisement
Advertisement
Pecinta lovebird pada umunya menginginkan burungnya memiliki suara ngekek panjang, frekuensi yang banyak, dan lagu yang bervariatif. Mayoritas penggemar burung ini memang cenderung menyukai burung dengan spesifikasi seperti itu, namun tidak semua burung memiliki kualitas dan spesifikasi yang demikian.

Untuk itu mereka melakukan berbagai cara agar mereka mendapatkan semua hal tersebut.

lovebird master, lovebird masteran

Cara Memaster Lovebird
Sebenarnya banyak cara untuk memaster burung ini agar memiliki suara ngekek yang setabil, panjang, dan bervariasi, yang paling banyak dilakukan adalah dengan cara melakukan pelatihan vocal dan menyetel master burung lain. Anda bisa melakukan cara ini untuk mendapatkan kualitas burung yang Anda inginkan.

Adapun contoh masteran untuk lovebird adalah sebagai berikut:

1. Master Cililin 
Master ini memiliki suara yang tajam dan durasi yang panjang, jika Anda perdengarkan pada burung Anda maka bisa jadi suaranya akan sama nyaring dan duruasi ngekeknya akan panjang.

2. Master Kenari
Suara burung ini cenderung mangalun dan bervariatif, jadi Anda bisa memperdengarkan masteran ini ke burung kesayangan Anda. Tujuannya agar burung Anda memiliki suara yang indah dan memiliki lagu yang lebih bervariatif.

3. Master Tengkek 
Suara masteran ini cenderung rapat dan tajam, Anda bisa memperdengarkan masteran ini pada burung Anda untuk menambah variasi lagu untuk burung Anda.

4. Master Cucak Jenggot 
Masteran ini memiliki besetan yang khas dan unik, Anda bisa memperdengarkan masteran ini untuk burung Anda. Tujuannya untuk menambah variasi suara, sebaiknya Anda perdengarkan masteran ini pada burung lovebird yang sudah latah agar labih efektif dalam proses pelatihannya.

5. Master Belalang 
Suara serangga ini sangat unik, tajam, dan rapat, Anda bisa memperdengarkan masteran ini pada burung Anda untuk menambah variasi suara pada burung Anda.

Proses Pemasteran Lovebird 
Anda bisa melakukan pemasteran ini sedari burung masih muda, hal ini untuk melatih burung agar terbiasa mengeluarkan suara yang bagus dan khas. Adapun cara pemasteran bisa dimulai dengan:

1. Memaster burung saat masih anakan
2. Memaster burung pada saat mabung
3. Memaster burung dengan suara rekaman masteran
4. Memaster burung dengan suara dari burung dengan jenis yang sama

Nah adapun proses pemasteran lovebird bisa dilakukan dengan cara:

1. Menggantang burung yang masih muda dengan 3 burung masteran yang diletakan pada suatu ruangan yang sama.
2. Memutar rekaman masteran burung, Anda bisa memutar setidaknya 3 jenis suara burung setiap harinya.
3. Menempatkan lovebird dengan burung masterannya pada suatu tempat yang sama setiap hari dan dalam segala kondisi.

Untuk mendapatkan kualitas burung Anda haruslah melakukan cara-cara memaster lovebird seperti di atas. Akan tetapi di samping memaster burung ini Anda juga harus melakukan perawatan yang baik pada burung Anda, perawatan tersebut bisa berupa memberi pakan yang berkualitas, melakukan perawatan kebersihan yang rutin, menjaga kesehatan burung, dan masih banyak perawatan lainnya yang bisa Anda lakukan.