Cara Memaster Burung Cucak Jenggot Yang Baik Dan Benar

Advertisement
Advertisement
Proses memaster cucak jenggot harus dilakukan dengan cara yang baik dan benar, supaya cucak jenggot yang dimaster bisa mendengarkan dan menyerap isian-isian master burung yang diperdengarkan secara sempurna.

Berikut diberikan bimbingan terkait cara memaster burung cucak jenggot yang baik dan benar, sebagaimana dimaksud tersebut.

kicau cucak jenggot

1. Metode pemasteran burung asli
Cara memaster cucak jenggot yang baik menggunakan metode pemasteran burung asli adalah sebagai berikut:
a. Proses memaster dilakukan pada siang hari, yakni ketika cucak jenggot dijemur di bawah sinar matahari pagi pada pukul 08.00-10.00. tetapi, dalam proses memaster ini, usahakan agar cucak jenggt tidak melihat keberadaan burung-burung master yang dapat menyulut emosinya untuk menirukan suara-suara yang dibunyikan oleh burung-burung master.
b. Proses memaster cucak jenggot harus dilakukan di tempat yang tenang, jauh dari suara-suara bising kendaraan atau mesin produksi pabrik. Hal ini dimaksudkan supaya cucak jenggot tidak terganggu dan lebih focus untuk mendengarkan suara-suara yang dibunyikan burung-burung master.
c. Proses memaster dilakukan setiap hari. Hal ini dimaksudkan supaya cucak jenggot benar-benar bisa menirukan suara-suara yang dibunyikan burung master, mengingat suara-suara burung master itu tidak dapat dipastikan kapan berbunyinya setiap hari. Berbeda dengan perangkat elektronik yang bisa dibunyikan kapan saja setiap hari.
d. Proses memaster dilakukan dengan jarak dekat, kira-kira 1-1,5 meter, untuk burung-burung master yang memiliki tipikal suara pelan. Dalam hal ini, jangan lupa untuk memastikan bahwa cucak jenggot mampu mendengar suara-suara yang dibunyikan burung master yang memiliki tipikal suara pelan tersebut.
e. Proses memaster dilakukan dalam jarak agak jauh, kira-kira 4-5 meter, untuk burung-burung master yang memiliki tipikal suara kencang. Dalam hal ini, jangan lupa untuk memastikan bahwa cucak jenggot tidak kaget dengan kicauan yang dibunyikan burung master yang memiliki tipikal suara kencang tersebut.
f. Proses memaster dilakukan menggunakan satu jenis burung dan tidak boleh langsung menggunakan banyak jenis burung. Hal ini dimaksudkan supaya cucak jenggot dapat menyerap dan merekam secara sempurna suara-suara yang dibunyikan burung-burung master satu per satu.
g. Proses memaster dilakukan dengan terlebih dahulu mengidentifikasi suara-suara yang dibunyikan burung-burung master; apakah suaranya cocok dan sealur dengan tipikal cucak jenggot yang akan dimaster atau tidak. Hal ini dimaksudkan supaya proses memaster yang nantinya dilakukan tidak sia-sia.

2. Metode pemasteran elektronik
Cara memaster cucak jenggot yang baik menggunakan metode pemasteran elektronik adalah sebagai berikut:
a. Proses memaster dilakukan pada siang hari, yakni ketika sangkar cucak jenggot dikerondong sampai dibuka kembali pada sore harinya. Hal ini dimaksudkan supaya suara-suara burung yang dibunyikan oleh perangkat elektronik dapat terekam sepenuhnya di dalam memori cucak jenggot setelah merasa segar karena telah dimandikan dan dijemur.
b. Proses memaster juga dilakukan pada malam hari, yakni ketika cucak jenggot dimasukkan ke dalam rumah untuk beristirahat sampai keesokan harinya. Hal ini dimaksudkan agar suara-suara burung yang dibunyikan oleh perangkat elektronik semakin melekat di dalam memori cucak jenggot untuk selanjutnya ditirukan pada keesokan harinya.
c. Proses memaster dilakukan menggunakan perangkat elektronik yang bisa mengeluarkan bunyi/suara yang jelas. Hal ini dimaksudkan supaya cucak jenggot dapat mendengar dengan jelas suara-suara burung yang dibunyikan oleh perangkat elektronik tersebut, sehingga bisa menirukan atau melagukannya dengan baik dikemudian hari.
d. Proses memaster dilakukan dengan jeda interval 60-120 detik per satu jenis suara burung yang dibunyikan oleh perangkat elektronik. Hal ini dimaksudkan supaya cucak jenggot memiliki waktu istirahat yang cukup di sela-sela merekam setiap jenis suara burung yang dibunyikan oleh perangkat elektronik.
e. Proses memaster dilakukan dengan terlebih dahulu menyesuaikan suara-suara burung yang dibunyikan oleh perangkat elektronik; apakah cocok dan sealur suaranya dengan tipikal cucak jenggot yang akan dimaster atau tidak. Hal ini dimaksudkan supaya proses memaster yang nantinya dilakukan tidak sia-sia.

Itulah ulasan lengkap mengenai tips dan cara memaster cucak jenggot dengan menggunakan dua metode, yaitu metode pemasteran burung asli dan metode pemasteran elektronik. Semoga artikel yang kami publikasikan kali ini dapat berguna buat sobat yang berinisiatif untuk memaster cucak jenggot kesayangannya. (Om Shodiq Gacor)