Cara Memandikan dan Menjemur Lovebird

Advertisement
Advertisement
Mandi adalah salah satu cara untuk menjaga dan meningkatkan setamina burung, dengan cara ini burung akan lebih fresh dan segar. Anda bisa bandingkan antara burung yang sering dimandikan dengan burung yang jarang dimandikan, pasti akan berbeda dan untuk setamina pasti lebih baik burung yang dimandikan. Karena selain untuk menjaga kebersihan, mandi juga sangat dianjurkan untuk menjaga setamina burung.

Sebenarnya ada banyak manfaat menjemur dan memandikan lovebird, maka dari itu sebagai penghobi lovebird sebaiknya lebih rajin lagi dalam memberikan perawatan dalam hal ini. Lalu bagaimana cara memandikan lovebird yang baik dan benar? Cara memandikan burung ini memang harus diperhatikan karena salah-salah Anda bisa saja akan membuat burung kesayangan Anda sakit.

memandikan lovebird, menjemur lovebird, lovebird mandi

Cara Memandikan Lovebird (LB)
Memandikan burung sebenarnya cukup 1 kali dalam 2 hari, tapi jika Anda ingin setamina burung Anda lebih prima Anda bisa menambah kuantitas mandi. Sedangkan untuk cara mandinya sendiri tidak terlalu rumit, namun yang Anda perlukan hanyalah kesabaran. Kenapa? karena terkadang burung akan enggan untuk mandi, jika Anda paksa maka burung tersebut bisa saja Ia akan stres. Untuk itu Anda sebagai pemilik harus pandai-pandai dalam memandikan burung.

Adapun cara memandikan lovebird adalah sebagai berikut:

1. Cara memandikan LB anakan 
Untuk anakan cara perawatan mandinya sangatlah sederhana, namun dengan kesederhanaan itu sebaiknya Anda tetap hati-hati. Kenapa? karena jika tidak maka bisa jadi air akan masuk ke hidung burung Anda dan akan menyebabkan anakan burung ini sakit.

Sedangkan untuk cara memandikan lovebird anakan sendiri adalah dengan cara berikut:

a. Semprotlah air secara perlahan ke tubuh burung.
b. Pastikan penyemprotan tersebut tidak terkena mata dan hidung burung.
c. Setelah itu Anda bisa jemur burung ini dibawah terik sinar matahari selama 2 jam.
d. Setelah penjemuran selesai Anda bisa mengkredongkan sangkar burung dengan kain.

2. Cara memandikan LB dewasa 
Untuk yang dewasa prosesnya mungkin bisa dibilang sedikit rumit, pasalnya untuk burung yang dewasa terkadang menolak untuk dimandikan. Untuk itu Anda sebagai seorang pemilik haruslah cerdik dalam memandikan burung.

Sebab seekor burung apabila menolak untuk dimandikan Ia akan terbang kesana-kemari, untuk mengatasi itu semua sebaiknya Anda lakukan cara-cara sebagai berikut:

a. Jika burung kesayangan Anda terbang kesana-kemari dan enggan untuk dimandikan, maka hal yang paling mungkin dilakukan adalah dengan cara di semprot dengan semprotan embun.
b. Setelah itu biarkan burung tersebut sejenak, proses ini menunggu supaya burung tersebut  merasa terbiasa dengan keadaan basah yang Ia alami.
c. Jika sang burung sudah terbiasa maka lalukan penyemprotan seperti biasanya, lakukan penyemprotan dengan pas dan tidak terlalu basah. Kenapa? karena burung tidak akan nyaman dengan keadaan bulu yang basah.
d. Setelah itu baru Anda jemur burung tersebut dibawah terik matahari.
e. Jemurlah setidaknya  2 jam dibawah sinar matahari pagi.
f. Sesudah dijemur Anda bisa mengkredongkan burung tersebut atau menggantangnya.

Memandikan lovebird dewasa atau anakan haruslah hati-hati, pasalnya air bisa saja masuk ke hidung burung dan menyebabkan burung menjadi sakit. Selain itu untuk menambah setamina Anda bisa memandikan burung sampai basah kuyup, tapi sebaiknya jangan setiap hari Anda lakukan. Kenapa? karena selain akan membuat burung Anda merasa tidak nyaman, bulu burung yang selalu basah juga tidak baik untuk sang burung.