Cara Mudah Memancing Lovebird agar Ngekek Panjang

Advertisement
Advertisement
Kicuan lovebird disebut juga dengan istilah ngekek, di pertandingan juri akan menilai burung mana yang memiliki suara ngekek yang rutin, setabil, dan panjang. Apabila kicauan panjang, burung akan disebut juara apabila Ia memiliki suara ngekek yang panjang dan berkualitas. Namun untuk memiliki burung tersebut tidaklah mudah, harga untuk burung yang memiliki kualitas seperti itu akan dibandrol mahal. Harga itu sebanding karena burung tersebut adalah burung kontes, jadi jika Anda ingin membeli burung seperti itu maka siapkan saja dana yang besar.

Nah untuk Anda yang ingin memiliki burung dengan kualitas tersebut bisa membelinya langsung ke penjual, tapi jika Anda ingin burung yang lebih murah maka belilah burung kontes yang masih muda. Burung yang masih muda akan memiliki harga yang relatif lebih murah dan terjangkau, untuk tahun 2014 saja burung kontes yang berumur 3 bulan hanya berkisar di angka Rp 500.000,- per ekornya.

lovebird ngekek panjang, lovebird ngekek

Akan tetapi lovebird yang masih muda biasanya belum memiliki frekuensi ngekek yang bagus dan panjang ngekek yang lama. Untuk itu di sini peran Anda sebagai pemilik diperlukan, Anda bisa melatih burung tersebut agar memiliki kualitas yang baik.

Trik Melatih Lovebird agar Ngekek Panjang
Cara mudah membuat lovebird ngekek panjang adalah dengan melihat beberapa faktor, faktor tersebut akan mempengaruhi kualitas dan panjangnya suara. adapun faktor-faktor tersebut adalah:

1. Faktor keturunan
Bagi Anda yang masih awam mungkin akan bingung untuk menentukan burung tersebut dari keturunan juara atau tidak, namun faktor ini akan sangat mempengaruhi kualitas suara lovebird. Sebaiknya pilihlah burung yang memiliki garis keturunan juara, tujuanya agar Anda bisa dengan mudah melatih burung tersebut dan bisa dengan mudah mendapatkan juara.

2. Faktor lingkungan
Faktor ini menyangkut beberapa hal seperti:

a. Pola makan
Burung yang memiliki kualitas yang baik menggunakan pola makan yang baik pula. Pola makan burung ini diatur sedemikian rupa dan dikonsep agar burung tersebut nyaman untuk makan, selain itu asupan nutrisi untuk burung juga harus Anda jaga dan perhatikan dengan baik.

b. Pola perawatan
Biasakan untuk selalu menjaga kebersihan kandang, Anda harus rutin untuk membersihkan feces yang berserakan di kandang. Selain itu Anda juga harus rutin untuk memandikan burung ini sampai basah kuyup, caranya dengan menyemprotkan air ke tubuh burung. Setelah itu jemurlah burung Anda di bawah sinar matahari, selain agar bulu burung tersebut cepat kering juga berguna untuk menjaga birahi burung Anda. Lakukan pola perawatan ini setidaknya 2 kali dalam sehari, namun jika Anda ingin hasil yang maksimal silahkan lakukan perawatan ini maksimal 3 kali dalam sehari.

c. Pemasteran
Untuk mendapatkan kualitas ngekek yang baik, Anda harus melakukan pemasteran lovebird sedikitnya 3 kali dalam sehari. Anda bisa menyetel rekaman suara burung, atau Anda bisa sandingkan burung Anda dengan burung masteran. Tujuan kegiatan ini untuk merangsang burung agar mau ikut berkicau, selain itu agar suara ngekek burung ini lebih panjang dan bervariatif.

d. Pemberian multivitamin
Pemberian multivitamin OrBird bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan burung Anda, selain itu vitamin ini juga bisa menambah kualitas suara burung saat berlatih.

Nah, cara di atas bisa Anda lakukan untuk membuat suara lovebird lebih berkualitas, sebaiknya Anda lakukan pola perawatan di atas agar burung Anda semakin bagus dan memiliki mental yang baik. Berbicara mengenai mental, jika burung Anda belum memiliki mental yang baik maka latihlah Ia dengan cara menggantangkannya dengan seekor burung yang bermental juara.